Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemda Pohuwato Deklarasi Netralitas ASN pada Pilkada 2020

Dulohupa.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato, melalui Wakil Bupati, Amin Haras, menandatangani pakta integritas terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penandatangan pakta integritas oleh Amin ini juga dihadiri oleh sekretaris daerah (sekda), dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Pohuwato.

“Kegiatan penandatangan pakta integritas hari ini, untuk menjaga sikap netralitas setiap ASN di lingkungan Kabupaten Pohuwato, untuk tidak terlibat dan berpihak dalam perhelatan pesta demokrasi akhir Desember nanti,” ujar Wakil Bupati, Amin Haras, saat memberikan sambutan di Aula Panua Pohuwato, Senin (24/8).

Wakil Bupati, Amin Haras, dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa tahun ini merupakan tahun politik bagi daerah Pohuwato, maka dari itu netralitas ASN sangat diperlukan untuk menghindari keberpihakan.

“Seorang ASN terikat dengan kode etik dan kode perilaku. Dan deklarasi serta penandatanganan pakta integritas ini, menjadi bukti kesungguhan Pemda Pohuwato, untuk menegakkan aturan dan menjaga netralisasi ASN Pohuwato, dan menjamin terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil” katanya lagi dalam sambutan.

Meski begitu, lanjut Amin, secara individu ASN adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak dalam kebebasan berserikat dan berkumpul sebagaimana tertuang dalam pasal 28 UUD 1945.

“Pada pasal 23 ayat 1 undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, juga menegaskan setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya,” ungkapnya.

Sehingga perlu strategi yang harus dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian, dan pejabat yang berwenang.

“Mulai dari mengupayakan terciptanya iklim yang kondusif, dan memberikan kesempatan kepada ASN untuk melaksanakan hak pilihnya secara bebas, dengan tetap menjaga netralitas,” tutup Amin. **

Reporter : Zulkifli Mangkau