Untuk Indonesia

Pembentukan Satgas PPA Tingkat Desa Mendapat Dukungan Masyarakat

Dulohupa.id– Ide pembentukan Satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) di tingkat desa mendapat respond positif dari masyarakat di Kabupaten Gorontalo. Bahkan saat ini, wacana pembentukan Satuan tugas PPA tingkat desa itu masuk dalam usulan Musrembang seluruh desa di Kabupaten Gorontalo.

Wacana pembentukan Satgas PPA adalah ide dari Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kabupaten Gorontalo, Dewi Nani.

Dewi yang merasa terusik dengan meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan menilai, Kehadiran Satgas PPA hingga ke tingkat desa, akan sangat membantu perluasan informasi tentang pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepada Dulohupa.id, Dewi bahkan mengaku saat terjadi kasus pembegalan perempuan yang belum lama ini terjadi di Kabupaten Gorontalo. Membuat sejumlah warga memintanya untuk segera mewujudkan pembentukan satuan tugas PPA di tingkat desa.

“Secara tegas mereka katakan, bahwa mereka yang pertama kali berhadapan dengan pemerintah desa termasuk BPD untuk pembentukan satgas PPA. Karena menurut warga mereka telah menjadi korban, sehingga mereka tidak ingin kerabat mereka akan menjadi korban selanjutnya,” ungkapnya.

“Ini penting untuk dibentuk karena akan sangat membantu tugas dari pemerintah maupun kepplisian dalam meminimalisir terjadinya angka krimininalitas, utamanya dalam perlindungan terhadap perempuan dan anak,” tutupnya.

 

Reporter: Dhedy Henga

Comments are closed.