Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemandu Wisata Ujung Tombak Pariwisata Kota Gorontalo

DULOHUPA.ID- Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono mengungkapkan, bahwa pemandu wisata merupakan salah satu ujung tombak dari keberhasilan sektor pariwisata di Kota Gorontalo. Sebab kata dia, kenyamanan wisatawan tidak hanya karena mengunjungi tempat wisata, namun juga karena ditemani oleh pemandu wisata yang tahu memperlakukan mereka.

Makanya, dalam kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Perkotaan, Ryan menegaskan untuk setiap para pemandu wisata dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, agar dapat mendongkrak pendapatan sektor pariwisata di Kota Gorontalo.

“Kami lakukan pelatihan ini sebagai pemberian pembobotan terhadap pemandu wisata yang ada di Kota Gorontalo. Karena para wisatawan setelah mengadakan perjalanan maka para pemandu wisata yang harus berperan aktif atau menjadi daya tarik dari segi pelayanan,” ujar Ryan di Hotel Amaris, Kota Gorontalo, Senin (16/11).

Jika pelayanan pemandu wisata kepada para wisatawan bagus, maka bukan tidak mungkin, Gorontalo tidak hanya akan jadi tempat transit, melainkan tujuan utama wisatawan.

“Untuk itu,dibutuhkan para pelaku pariwisata, pemandu wisata agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan ikut membantu mempromosikan destinasi wisata yang ada, sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan kekota gorontalo,” papar Ryan.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono mengungkapkan, bahwa pemandu wisata merupakan salah satu ujung tombak dari keberhasilan sektor pariwisata di Kota Gorontalo.

“Agar para wisatawan yang datang bisa diberikan pemahaman dan pentingnya pengetahuan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi para pemandu wisata,” kata Ryan.

Ryan pun berharap, “kegiatan pelatihan ini dapat memberikan pelatihan dengan baik serta dapat menyimpan atau mendemonstrasikan ilmu yang diperoleh agar bisa mengelolah pengembangan pariwisata dan potensi lokal yang dimiliki (Gorontalo) sehingga wisatawan dapat mengenal produk dan karakter pariwisata di Gorontalo,” tutup Ryan.

Reporter: Yusuf Konoli