Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pelatihan Cek Fakta di Gorontalo, AMSI: Publik Butuh Konten Sehat

Dulohupa.id- Jutaan informasi beredar di internet setiap harinya. Sebagian informasi tersebut ‘sehat dikonsumsi’, sebagian lainnya tidak, sebab merupakan informasi bohong. Namun, tidak sedikit masyarakat yang terlanjut terpapar informasi-informasi bohong tersebut.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Provinsi Gorontalo, sebagai organisasi media pers, merasa bahwa perlu untuk masyarakat, terutama di Gorontalo, diberi kemampuan memilih dan memilah mana informasi yang benar-benar sehat. Atas dasar itulah, AMSI lantas menginisiasi untuk melakukan pelatihan bertajuk Cek Fakta pada Senin 16 November 2020 nanti.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, pelatihan cek fakta penting karena beberapa alasan di antaranya untuk memberantas hoaks.

Sementara Indonesia sendiri saat ini, sedang berada dalam dua peristiwa besar, yaitu pandemi COVID-19 dan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Namun, hoaks seputar dua peristiwa ini lumayan besar dan menganggu kenyamanan, serta keadaban publik.

Makanya tegas Wens, tugas media adalah menjadi “clearing house”. Rumah bagi publik untuk mencari jawaban atas informasi yang diragukan kebenarannya, dan di situlah pentingnya wartawan memahami cara kerja cek fakta.

Sementara itu, Ketua AMSI Wilayah Gorontalo, Verrianto Madjowa mengatakan, pelatihan Cek Fakta di Gorontalo selain untuk membekali kemampuan jurnalis maupun editor dalam melakukan verifikasi informasi, juga diperluas dengan peserta mahasiswa.

Selain itu kata dia, peserta pelatihan Cek Fakta dibuka untuk staf Humas KPU Provinsi dan Bawaslu Provinsi Se-Gorontalo, serta kalangan organisasi non pemerintah (LSM).

Pelatihan akan berlangsung secara online, dengan melibatkan trainer dari AMSI pusat. Pelatihan ini akan berlangsung satu hari, mulai pagi hingga sore hari.

Lokasi pelatihan untuk mahasiswa dan reporter akan berlangsung di Ballroom Hotel Damhill Gorontalo, kompleks kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan dari kantor redaksi maupun di rumah masing-masing peserta.

“Mahasiswa yang berdomisili di Pohuwato atau Gorontalo Utara yang tertarik untuk pembekalan Cek Fakta dapat mendaftar dan mengikuti secara online, tanpa harus ke Kota Gorontalo. Trainer juga berada di Jakarta dan akan menyampaikan materi secara daring,” kata Verrianto, Minggu 8 November 2020.

Setelah mengikuti pelatihan, akan dilanjutkan dengan program Cek Fakta debat publik atau debat terbuka yang direncanakan untuk Pemilihan Kepala Daerah di Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Pohuwato.

Tim Cek Fakta AMSI Gorontalo juga akan melakukan pemantauan saat hari pemungutan suara Pilkada 2020, pada 9 Desember 2020.

Adapun program Cek Fakta ini merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Pemilihan Presiden 2019 lalu. Program Cek Fakta 2020, melibatkan AMSI Wilayah di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kerja sama AMSI dan Google News Initiative (GNI).

Reporter: Mega