Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pelanggar Protokol Kesehatan di Boalemo Diberi Sanksi Bersihkan Tempat Umum dan Denda

Dulohupa.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boalemo, sejak Selasa (18/8) kemarin, mulai menerapkan sanksi tegas terhadap masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Makanya, bagi warga Boalemo yang masih bandel terhadap protokol kesehatan, siap-siap saja mendapat sanksi tersebut.

Adapun sanksi tersebut diberlakukan setelah Pemda Boalemo resmi menerapkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 60 Tahun 2020, sebagai implementasi Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Sanksinya berupa denda 100 ribu rupiah untuk masyarakat yang tidak menggunakan masker, dan denda 500 ribu rupiah untuk pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Paling parah, bahkan bisa berujung pada pencabutan izin usaha. Pelanggar juga akan dihukum dengan membersihkan tempat ibadah dan tempat-tempat umum lainnya.

“Bagi masyarakat, akan diberikan sanksi berupa denda hingga pencabutan izin usaha,” ucap Bupati Boalemo saat melakukan launching penerapan perbup di Tugu Jagung  Tilamuta siang tadi.

Meski begitu, menurut Darem, dalam beberapa hari ke depan masih akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu mengenai pemberlakuan perbup tersebut, agar nantinya dapat diketahui masyarakat.

“Saya akan perintahkan instansi terkait untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat,”.**(Sutri/adv)