Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialDEPROV GORONTALO

Paris Jusuf Nilai Makna Pancasila sangat Dalam dan Universal

6
×

Paris Jusuf Nilai Makna Pancasila sangat Dalam dan Universal

Sebarkan artikel ini
Pancasila
Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf. Foto: Humas Deprov

Dulohupa.id – Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf menilai makna Pancasia yang terkandung dalam Pancasila sangat dalam dan Unniversal, sehingga penerapan ke masyarakat perlu penafsiran yang benar.

Hal itu disampaikannya usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang di gelar di Halam Rumah Jabat Gubernur Gorontalo, Kamis (01/06/2023).

Menurut Paris, peerapan Pancasila di Gorontalo itu sendiri belum mencapai nilai maksimal, disebabkan oleh berbagai faktor.

Politisi Golkar itu kemudian memberikan penafsiran mendalam dari masing-masing butir Pancasila.

“Ketuhanan Yang Maha Esa; bagaimana kita menjelaskan konsep ketuhanan yang Esa dengan agama, Kemanusiaan (humanity) yang solidaritasnya tinggi, harus faham prikemanusiaan saling menghargai dan menghormati,” jelas Paris.

Sementara untuk sila ke-dua Paris menjelaskan bahwa nilai persatuan Indonesia mengharuskan setiap warga negara yang berbeda baik suku, etnis dan agama harus memiliki nilai satu kesatuan yang tak terpisahkan sebagai warga negara yang sadar akan tugas dan fungsi bernegara.

Pada akhirnya semua makna yang tersembunyi dari pancasila akan berumuara pada nilai keadilan di tengah masyarakat yang plural.

“Sehingganya dengan konteks ini, hari lahir pancasila ini saya berharap agar memaksimalkan pemaknaan pancasila dari setiap sila-silanya, sebab ini menjadi tanggung jawab kita semua,” tandasnya.

Adv