Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Nelson Pomalingo Akan Bantu Youtuber Pengibar Bendera di Pakaya Tower Jadi TNI

Dulohupa.id – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengapresiasi nasionalisme Akbar Mahmud Ngeli alias Opan, yang mengibarkan bendera merah putih tanpa pengaman apapun di puncak Pakaya Tower tempo hari. Meski iapun mengakui, apa yang dilakukan oleh youtuber tersebut sangatlah berbahaya.

“Walaupun ini dari sisi keamanan berbahaya, namun bagi saya nasionalisme yang utama, karena pemuda ini, punya tekad yang luar biasa pas Hari Kemerdekaan 17 Agustus (RI), apa lagi yang di tancapkan ini adalah bendera kebanggaan kita.  Ini yang perlu kita hargai,” ungkap Nelson saat di wawancarai awak media, saat bertemu Opan di rumah Dinas. Rabu (19/08/2020).

Sebetulnya, kata Nelson, kepada dirinya Opan mengaku memiliki cita-cita menjadi anggota TNI, dan sangat ingin mewujudkan itu. Sehingga secara pribadi, Nelson mengaku akan membantu Opan menggapai cita-citanya tersebut.

“Ini, beliau ingin menjadi tentara (TNI) hanya saja masih ada problem, maka itu yang akan kita biayai, nanti saudara (Opan) ini buatkan permohonan ke saya nanti saya disposisi ini yang paling utama,” ucap Nelson

Lebih lanjut, Nelson meminta kepada Opan, untuk masuk tentara agar mengikuti proses dan prosedur yang baik, dan apa saja yang harus dibenahi dan dilakukan.

“Mudah-mudahan dengan adanya foto memasang bendera itu menjadi penilaian tersendiri untuk dirinya bisa lolos menjadi anggota TNI, karena itu cita-citanya, kita juga ingin ada orang Gorontalo yang menjadi TNI dan beliau ini saya angkat menjadi anak angkat saya,” tutup Nelson

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway menyampaikan apresiasi terhadap Opan yang telah memperlihatkan kepedulian pada negara dan bangsa.

“Jika ada pemuda seperti ini perlu diapresisisa juga disuport. Merdeka itu bukan hanya dirasakan oleh pejuang tapi orang merdeka itu bebas berpendapat juga bebas mengaktualisasikan prestasi, dan tidak ada tekanan dari pihak mana pun, apa lagi menancapkan bendera di atas (puncak)  Pakaya Tower, saya akan ketemu dengan orang ini dan memberi hadiah,” Kata Fory Naway

Fory menilai apa yang dilakukan oleh Akbar Mahmud Ngeli bukanlah suatu pencitraan, namun benar-benar bagaimana bendera itu harus dihormati juga dihargai.

“Setelah saya melihat aksinya lewat youtube, ternyata anak muda ini benar-benar memperhatikan kecintaanya pada negara ini walaupun itu terlihat berbahaya, mungkin dirinya menilai kalau bendera itu di pasang begitu saja itu biasa, namun kalau terpampang di atas menara itu baru luar biasa,” tutup Fory

Reporter : Fandiyanto Pou