Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Curhat Ibu Aditya Perpatih, Anak yang Fotonya Ada di Uang Pecahan 75 Ribu Rupiah

Dulohupa.id – Sitti Murtafiah Mooduto tak menyangka jika foto anaknya, Aditya Perpatih (9) yang diambil pada medio 2019 oleh Bank Indonesia (BI) itu, dicetak di uang 75 ribu rupiah edisi khusus kemerdekaan RI ke-75.

Pada Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 itu, Aditya Perpatih yang merupakan siswa kelas empat Sekolah Dasar (SD) di Kota Gorontalo tampak menggunakan pakaian adat khas Gorontalo bersama delapan anak Indonesia lainnya.

Sitti menuturkan, bahwa pemotretan anaknya itu memang berlansung rahasia. Yang tahu hanya dia dan pihak Bank Indonesia selaku tim yang melakukan pemotretan.

“Saat itu ada tiga anak yang difoto. Dan kaget ketika Aditya¬† yang terpilih dan fotonya ternyata dicetak di uang tersebut. Karena Aditya itu dikatakan (Kantor BI) hanya cadangan saja dan itu rahasia tidak bisa disampaikan,” kata Sitti.

Sementara itu, Kepala Kantor BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto mengaku bangga ada wajah pakaian adat di UPK RI ke-75 tahun tersebut.

“Ketat juga sebenarnya persaingan antar daerah untuk memilih siapa yang jadi model di UPK. Jadi kita sampaikan ke teman-teman dari Bank Indonesia pusat dan Peruri bahwa kita juga ada kelebihan. Salah satunya kami sampaikan bahwa Gorontalo itu lebih dulu merdeka dibanding Indonesia. Mungkin itu juga yang jadi pertimbangan mereka,” tutupnya singkat. **(EG)