Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Nelson : Deadline Sebelum Puasa, Pasar Tidak Miliki Bank Sampah Pengelolanya Saya Ganti

Dulohupa.id – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo secara tegas mengatakan seluruh pasar di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), harus memiliki Bank Sampah dan diberikan deadline waktu sebelum masuk bulan ramadhan harus sudah terbangun. Pasalnya jika tidak Bupati menegaskan akan mengganti seluruh pengolala yang pasarnya belum memiliki Bank Sampah.

Hal ini disampaikan oleh Nelson Pomalingo saat mengunjungi pasar Datahu Kecamatan Tibawa dimana menurutnya Bank Sampah sangat penting berada dilingkungab pasar, karena yang namanya pasar akan kotor dan meninggalkan banyak sampah jika aktifitas di pasar tersebut selesai.

“Kalau hanya dibersihkan kemudian sampahnya dibuang atau dibakar itu hal yang biasa. Namun jika sampahnya diolah kemudian dijadikan sebagai sebagai alat yang dibutuhkan warga itu baru luar biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Nelson jangam kalah dari pemulung yang hanya mengumpulkan sampah bisa dijadikan sebagai mata pencaharian mereka untuk memenuhi kehidupan mereka sehari-hari.

“Kita punya uang, punya tenaga dan fasilitas penunjang malah tidak bisa berbuat apa-apa. Makanya saya berikan deadline sebelum puasa, semua pasar sudah ada Bank Sampah. Ini harus dikoordinasikan bersama antara pengelola, Dinas Perindag dan DLH serta opd terkait lainnya dalam hal pembangunannya,” pungkasnya. (DED)