Untuk Indonesia

Nelson Alokasikan Dana Rp 5 Miliar PEN untuk Benahi Sirkuit Balap

Dulohupa.id- Komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo terhadap olahraga balapan motor di wilayah tersebut, rupanya bukanlah isapan jari semata. Buktinya, sebesar Rp 5 miliar dana PEN (pemulihan ekonomi nasional), akan dialokasikan untuk membenahi sirkuit balap di wilayah tersebut. 

Sirkuit Sang Profesor yang berada di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo itu sendiri merupakan sirkuit permanen pertama di Gorontalo.

“Ini sebagai bentuk dorongan kami  pemerintah daerah dalam memajukan olahraga di Kabupaten Gorontalo. Apa lagi kita memiliki sekolah olahraga,” jelas Nelson usai meninjau Sirkuit Sang Profesor, Sabtu (5/6) siang. 

Lebih lanjut kata Nelson, pihaknya akan berencana membuat sirkuit tersebut, menjadi sentra minat khusus olahraga, serta kegiatan olahraga lainnya. Baik itu kegiatan lokal maupun nasional. 

“Karena kita juga memiliki sekolah olahraga, sehingga sirkuit ini akan menjadi tempat latihan bagi siswa peminat di bidang olahraga balap motor dan mobil off road,” tandas Nelson. 

Sementara itu, Sekretaris Indonesia offroad Federation Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili  mengatakan, kedatangannya di sirkuit Sang Profesor untuk meninjau langsung fasilitas di sirkuit. Sebab, sirkuit Sang Profesor akan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan off-road mendatang. 

“Dari sekian tempat sirkuit, Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu tempat akan dijadikan ajang kegiatan off-road, baik itu roda dua maupun empat. Pasalnya tahun nanti Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah off-road,” tutup Wahyudin.

Adapun sirkuit yang dibangun dengan dana APBD 2019 ini, memiliki panjang lintasan sekitar 1.100 meter, dengan lebar trek antara enam hingga delapan meter. Juga, dilengkapi dengan tujuh tikungan, lima tikungan ke kanan dan dua tikungan ke kiri. Sementara trek lurusnya sepanjang kira-kira 300 meter. 

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.