Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Meski di Tengah Pandemi Covid-19, BUMD Bone Bolango Eksport 10 Ton Kopra Putih ke-Pakistan

Dulohupa.id – Meski di tengah pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, tetap berupaya menghasilkan produksi demi meningkatkan pendapatan hasil daerahnaya. Melalui BUMD, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mulai mengekspor kopra putih ke Pakistan sebanyak 10 ton, jumlah itu masih jauh dari permintaan pembeli dari Pakistan, karena kemampuan pasok masih rendah.

Irhamna juga menjelaskan, kopra putih di Gorontalo produksinya masih sedikit, padahal nilai ekonominya sangat tinggi. Untuk itu, melalui usaha produksi kopra putih oleh PT. Tri Jaya Kabila yang bekerja sama dengan PT. Bone Bolango Cemerlang (Perseroda), dapat memacu para petani untuk meningkatkan hasil pertanian kelapa mereka.

“Untuk sementara kemampuan kami baru bisa mengirim kopra putih 10 ton. Jumlah permintaan pakistan masih jauh di atas dari yang kami kirim,” katanya.

Ia juga berharap pemerintah Gorontalo dapat mendorong dan mendukung para petani agar bisa meningkatkan produksi kelapa hibrida, Karena kelapa hibrida paling banyak disukai.

“Sekarang pasar sudah terbuka dan bukan hanya lokal, tetapi kami sudah menembus pasar global. Pakistan menjadi negara yang siap membeli berapapun produk kami, sehingga ini adalah peluang emas,” Jelas Irhamna

Irhamna mengakui, ekspor perdana kelapa putih ini tidak lepas dari dukungan dari pemerintah kabupaten bone bolango.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Hamim Pou yang sudah mendukung dan mensupport usaha kopra putih yang dilakukan oleh pihak PT. Bone Bolango Cemerlang yang juga perusahaan milik daerah.” Katannya. (Kibong)