Menuju Indonesia Emas 2032, IGORNAS Gorontalo Gelar Kejuaraan Olahraga

oleh -442 Dilihat

Dulohupa.id – Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Provinsi Gorontalo Gelar Kejuaraan Olahraga Pelajar Untuk menuju Indonesia Emas di Olimpiade 2032.

Berdasarkan peraturan presiden (perpres) Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sehingga Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menekankan fokus dan sasaran utama dalam DBON adalah ajang Olimpiade. Hal ini karena cabang tersebut mengandalkan teknik dan akurasi, sehingga dapat terus ditingkatkan untuk prestasi yang lebih baik.

Sejalan dengan apa yang menjadi program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, maka IGORNAS Provinsi Gorontalo dengan progresifitas dan semangat Olahraga yang tinggi, akan melaksanakan penjaringan potensi Olahraga putra putri terbaik bangsa khususnya yang ada di Provinsi Gorontalo.

Ketua Umum IGORNAS Provinsi Gorontalo, Mohamad Citra Yahya mengungkapkan bahwa pada Kejuaraan Olahraga nanti, akan dilombakan 4 Cabang olahraga dari 14 cabang yang ditetapkan dalam DBON. Diantaranya adalah cabang olahraga Atletik (Hot Sprint), Bulu Tangkis, Panahan, dan cabang olahraga Karate.

“Dari 14 cabang olahraga DBON itu, kita hanya fokus pada 4 cabang lomba. Itu karena kita melihat apa saja yang menjadi potensi dari Provinsi Gorontalo ini sendiri, apa yang paling potensial. Sehingganya kami menilai bahwa 4 cabang lomba yang akan kita lombakan nanti adalah cabang olahraga yang punya potensi untuk dikembangkan prestasinya kedepan,” Pungkas Mohamad Citra Yahya, Kamis (24/11/2022).

Berikut adalah kategori cabang olahraga yang akan di lombakan pada Kejuaraan Olahraga yang akan dilaksanakan selama 3 hari di Kabupaten Gorontalo, yaitu pada tanggal 01-03 Desember 2022.
Kategori Panahan:
– jarak 10 Meter pa/pi (usia 13-14 tahun)
– jarak 15 Meter pa/pi (usia 15-16 tahun)

Kategori Hot Sprint:
– 60 meter pa/pi (usia 13-14 tahun)
– 100 meter pa/pi (usia 15-16 tahun)
– 4×100 meter estafet mix (usia 13-14 tahun)
– 4×100 meterĀ  estafet mix (usia 15-16 tahun)

Kategori Karate:
– KATA perorangan (usia 13-16 tahun)
– Kumite kelas bebas (usia 13-16 tahun)

Kategori Bulu Tangkis:
– Tunggal pemula pa/pi (usia 13-14 tahun)
– Tunggal remaja pa/pi (usia 15-16 tahun)

Citra Yahya menegaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2032 nanti. Indonesia menargetkan masuk pada 5 besar dalam Olimpiade Olahraga 2032. Sehingga atlet-atlet harus siap sejak dini dengan pemerdayaan Guru-guru Olahraga melalui IGORNAS Provinsi Gorontalo.

Arham Timumun, Wakil ketua 2 IGORNAS Provinsi Gorontalo pun menambahkan bahwa usai terjadi Pandemik yang kurang lebih 2 tahun, menyebabkan aktivitas olahraga para siswa terhambat, sehingga perlu adanya event olahraga untuk menunjukan potensi yang ada pada setiap siswa.

“Yang kita gali potensinya itu mulai dari usia 13 sampai dengan 16 tahun, dan pembinaannya akan berlangsung selama 9-10 tahun, sehingga mereka kedepan sudah betul-betul siap untuk meraih prestasi.” Pungkas Arham.

Arham juga menyebutkan bahwa para guru olahraga merupakan ujung tombak dari proses penjaringan potensi Olahraga para generasi muda. Sebab mereka yang paling dekat dan memahami kondisi para siswa. Selaras dengan hal tersebut, ketua umum IGORNAS Provinsi Gorontalo, Mohamad Citra Yahya juga mengharapkan agar kedepan Guru-guruĀ  olahraga harus siap dalam menghadapi tantangan global dan lebih berkualitas dari yang sebelumnya.

“Awalnya Guru-guru kurang terlibat dalam event atau kejuaraan olahraga yang besar. Kali ini adalah panggung untuk kita, mari sama-sama kita sukseskan program kemenpora ini,” Imbuh Citra Yahya.

Pada Kejuaraan Olahraga ini, tidak memiliki persyaratan yang rumit, adapun yang menjadi persyaratannya adalah warga negara Indonesia yang berdomisilikan di Provinsi Gorontalo, usia 13-16 tahun, memiliki semangat prestasi dan melampirkan ijazah terakhir untuk perserta SMP (Untuk dilihat NISN). Untuk informasi lebih intensif masyarakat dapat menghubungi penanggungjawab masing-masing cabang olahraga.
Cp. Cabang Panahan (0822 9247 3003)
Cp. Cabang Hot Sprint (0822 93186989)
Cp. Cabang karate (0812 4242 6240)
Cp. Cabang bulu tangkis (0812 4552 1479)

Kris dulohupa.id