Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Menjelang Pendaftaran Cabup-Cawabup Kabupaten Gorontalo, Parpol Diminta Mempersiapkan Diri

Dulohupa.id – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo, Wahyudin Akili mengingatkan kepada seluruh partai politik (parpol), mempersiapkan diri menjelang waktu pendaftaran pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Gorontalo pada 4 hingga 6 September.

Sebab kata Wahyudin, persiapan itu penting untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Apalagi memang, menjadi kewajiban pihaknya untuk mengingatkan semua pihak yang berkepentingan dalam proses pemilihan, untuk dapat memahami setiap regulasi yang mengatur teknis pelaksanaan tahapan.

“Yang paling kami tekankan adalah, pada saat pendaftaran, bakal pasangan calon sudah menyiapkan secara lengkap baik syarat pencalonan dan syarat calon. Kita berharap parpol pengusung sudah mempersiapkan itu secara baik, sehingga di hari pendaftaran nanti dapat terlaksana dengan baik, mengingat waktu pendaftaran yang dijadwalkan hanya 3 hari bersamaan verifikasi dokumen,” ungkap Wahyudin, Minggu (30/8).

Dirinya juga mengungkapkan, ada ketentuan lain yang harus di penuhi bersama dalam rangka memenuhi protokol kesehatan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam yaitu Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Kami berharap layanan help desk yang disediakan oleh KPU dapat dimaksimalkan. (ber)kaitan dengan masalah pencalonan, help desk ini dapat membantu parpol yang ingin berkonsultasi terkait penyerahan pendaftaran pasangan calon,” kata Wahyudin

Wahyudin juga meminta kiranya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo bisa memberi kemudahan akses pada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pemilihan kepala daerah.

“Kaitan masalah formulir- formulir juga kiranya KPU dapat memberi kemudahan akses kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Agar pada saat pendaftaran tiba tidak ada hambatan yang dialami pendaftar calon bupati dan wakil bupati,” pungkasnya.

Reporter: Fandiyanto Pou