Untuk Indonesia

Menjamin Kesehatan Warga, Puskesmas Limboto Lakukan Pemeriksaan Gratis

Dulohupa.id- Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga di Kelurahan Kayubulan, Kabupaten Gorontalo.

Pantauan Dulohupa.id, pemeriksaan itu dimulai pukul 08.WITA hingga pukul 11.30 WITA. Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, warga setempat didata terlebih dahulu oleh petugas puskesmas. Tentu, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Vidya Hinelo selaku penanggung jawab program penyakit tidak menular di Puskesmas Limboto mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu memang sudah rutin dilakukan. Bahkan, kegiatan tersebut bukan hanya di Kelurahan Kayubulan saja, melainkan di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Limboto.

“Memang pemeriksaan ini dilakukan tiap bulannya dan tidak dipungut biaya. Untuk Kecamatan Limboto, masyarakat di masing-masing kelurahan itu, pasti dilakukan pemeriksaan bagi warga yang mau,” ungkapnya kepada Dulohupa.id, Rabu (24/02).

“Ini juga sudah kelurahan yang terakhir kami lakukan pemeriksaan. Jadi kami mulai itu pada awal bulan, biasanya dimulai pada tanggal 7 sampai 14 hari ke depannya,” ungkap Vidya menambahkan.

Kegiatan posyandu penyakit tidak menular terintegrasi dengan posyandu lansia ini kata Vidya, tidak hanya menyasar masyarakat sakit. Sebab, masyarakat yang merasa sehat pun diperiksa.

“Untuk sasarannya tidak harus sakit,  merasa sehat  yang dilakukan pemeriksaan. Dia dari umur 15 tahun ke atas sampai  60 tahun ke atas bisa di periksa,” ujarnya.

Lanjut kata Vidya, tahap pemeriksaan yang dilakukan antara lain, pengukuran tekanan darah, lingkar perut,  tinggi badan, berat badan, pemeriksaan kolesterol dan gula darah. Hasilnya kata dia, masyarakat akan tahu risiko penyakit apa yang kemungkinan ia idap.

“Pemeriksaan ini gunanya agar masyarakat tau, mereka sehat atau tidak. Setelah mereka tahu bahwa mereka sakit, agar kiranya secepatnya untuk lakukan pemeriksaan di puskesmas terdekat atau di rumah sakit. Pemeriksaan yang kami lakukan ini hanyalah tempat pemeriksaan awal saja,” tutup Vidya.

Reporter: Fandiyanti Pou

Comments are closed.