Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Menilik Upacara Kemerdekaan RI Oleh Warga di Kabupaten Gorontalo

Dulohupa.id – Meski digelar sederhana, namun upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -75 yang digelar oleh warga di Madina 04, lingkungan satu, Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, berlangsung khidmat. Senin (17/08).

Upacara digelar sekitar pukul 10.30 WITA, dan dihadiri oleh siswa-siwi SMP, SD, SMA, serta warga sekitar lingkungan tersebut. Karena masih di tengah pandemi COVID-19, maka upacara itu berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Pantauan awak media Dulohupa.id, upacara yang berjalan sekitar setengah jam itu, berjalan dengan baik, tanpa kendala yang berarti.

Ditemui usai kegiatan, salah satu penyelenggara upacara, Roslina Pou, yang juga sebagai Ketua LPM Kelurahan Kayubulan mengatakan, di hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 menjadi spesial karena ini pertama kalinya warga Madina 04, lingkungan satu, Kelurahan Kayubulan Kabupaten Gorontalo menyelenggarakan upacara bendera. Bahkan kata Roslina, ini upacara yang pertama kalinya digelar di semua lingkungan yang ada di Kabupaten Gorontalo.

“Upacara ini digelar atas dasar inisiatif warga Madina 04 yang ada di lingkungan satu dan ini pertama kalinya dilakukan di semua lingkungan yang ada di Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Meski mendapat respon yang baik dari warga sekitar, Roslina mengungkapkan bahwa tidak semua warga dilibatkan dalam upacara tersebut. Sebab ia juga mempertimbangkan protokol kesehatan.

“Sekarang kita masih ditengah Pademi COVID-19 saat, jadi kita batasi pesertanya sebagaimana dengan aturan dan anjuran (pemerintah) dan in sya Allah tahun depan kondisi sudah lebih baik. Kami akan laksanakan lebih meriah lagi lebih dari ini.” tutupnya.

Reporter: Fandiyanto Pou