Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Seluruh Pasien Sembuh. Kabupaten Pohuwato Kembali ke Zona Hijau COVID-19

Dulohupa.id – Kabupaten Pohuwato, kembali ke zona hijau COVID-19 setelah seluruh pasien di kabupaten paling barat di Provinsi Gorontalo itu, dinyatakan sembuh. Sesuai data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, jumlah kumulatif pasien COVID-19 di kabupaten ini mencapai angka 73 orang. Dan saat ini, 72 orang telah dinyatakan sembuh, dan satu orang lainnya meninggal dunia.

Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Pohuwato, Ramon Abjul mengatakan, bahwa keberhasilan Pohuwato kembali ke zona hijau merupakan hasil dari pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Katanya lagi, bahwa dalam penanganan COVID-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato, telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 45 tahun 2020. Peraturan itu katanya, “Mengatur penerapan pembatasan sosial skala kampung (PSSK) dan pemberian sanksi kepada toko atau gerai, ataupun kios yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya

Meski begitu, kembalinya zona hijau ini tetap akan dibarengi dengan penanganan dan pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Apalagi ada kegiatan yang mengumpulkan masa yang banyak, katanya harus mendapatkan rekomendasi dari gugus tugas.

Sebab, meski tren penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Gorontalo masih tinggi, namun Kabupaten Pohuwato bisa mempertahankan status zona hijau, melalui peningkatan pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Meskipun sudah masuk zona hijau, kita tak bisa lengah, sampai dengan ditemukannya vaksin dari COVID-19 ini. Dan harapannya, daerah kita akan selalu aman,” tutup Ramon.

Reporter: Zulkifli Mangkau