Scroll Untuk Lanjut Membaca
FeatureGORONTALOVideoWISATA

Melihat Lebih Dekat Wisata Hiu Paus di Gorontalo

1154
×

Melihat Lebih Dekat Wisata Hiu Paus di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Wisata Hiu Paus Gorontalo
Salah satu pengunjung saat melihat Hiu Paus di Gorontalo. (Foto/Dulohupa)

Dulohupa.id – `Pengunjung wisata Hiu Paus mulai memadati pesisir pantai Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Para wisatawan mendatangi lokasi wisata sejak munculnya dua ekor hiu paus jantan.

Jarak lokasi wisata Hiu Paus hanya ditempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan dari Kota Gorontalo.

Sesampainya di lokasi, para pengunjung harus menaiki perahu untuk melihat ikan raksasa yang memiliki nama latin Rhincodon typus tersebut. Adapun biaya setiap satu perahu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan dengan harga Rp 70 ribu.

Biasanya nelayan setempat mengetuk perahunya untuk memanggil hiu paus muncul di permukaan. Pengunjung juga bisa memberi makan hiu paus berupa udang kecil ataupun kulit dan kepala udang.

Hiu Paus Gorontalo
Hiu Paus terlihat di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto/Dulohupa)

Salah satu pengunjung, Muamar Afdilah mengaku senang karena baru pertama kalinya melihat hiu paus secara dekat.

Muamar awalnya takut, namun ia tetap memberanikan diri dengan memberinya makanan udang kepada Hiu Paus. Menurutnya, kesempatan untuk melihat Hiu Paus jarang terjadi karena ikannya biasanya tidak terlihat.

“Saya lihat tadi ada dua ekor Hiu Paus, ini jarang terjadi kepada pengunjung yang mau lihat. Karena kata warga sekitar, Hiu Paus jarang muncul. Kebetulan ikannya sudah muncul saat ini,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, Tim monitoring Hiu Paus, Sukirman Tilahunga meminta pengunjung tidak boleh menyentuh hiu paus dan bagi para penyelam harus menjaga jarak sejauh 4 meter.