Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Melihat Ketentuan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Sesuai Perpres Nomor 99 tahun 2020

Dulohupa.id – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19. Peraturan itu diteken Jokowi  pada Senin (5/10), dan diundangkan sehari setelahnya.

Adapun peraturan tersebut menjelaskan ketentuan tentang pengadaan, pelaksanaan, pendanaan, hingga dukungan dan fasilitas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap vaksinasi COVID-19.

Dikutip dari kompas, pelaksanaan pengadaan vaksin COVID-19 dilakukan melalui penugasan kepada badan usaha milik negara, penunjukan langsung badan usaha penyedia, dan/atau kerja sama dengan lembaga/badan internasional. Dalam hal ini, proses pengadaan vaksin dilakukan oleh BUMN PT Bio Farma (Persero) yang dapat bekerja sama dengan badan usaha atau lembaga dalam negeri maupun internasional oleh Kementerian Luar Negeri setelah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Pasal 13 pada Perpres tersebut menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Ada sejumlah hal yang ditetapkan oleh Kemenkes dalam pelaksanaan vaksinasi ini, yaitu kriteria dan prioritas penerima vaksin, prioritas wilayah penerima vaksin, jadwal dan tahapan pemberian vaksin, dan standar pelayanan vaksinasi.

Sementara itu, Kemenkes sendiri dalam pelaksanaanya dapat bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, badan usaha milik negara atau badan usaha swasta, organisasi profesi/kemasyarakatan, dan pihak lainnya yang dipandang perlu.

Kerja sama tersebut dapat meliputi hal-hal seperti dukungan penyediaan tenaga kesehatan, tempat/vaksinasi, logistik/transportasi, gudang dan alat penyimpanan vaksin termasuk buffer persediaan/stock piling, dan keamanan Sosialisasi dan penggerakan masyarakat.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).