Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Masyarakat Bantu Nakes Dengan Disiplin Lakukan 3M

DULOHUPA.ID- Upaya tenaga kesehatan (nakes) dalam memutus rantai penularan COVID-19 mestinya didukung oleh masyarakat. Caranya dengan disiplin lakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Dampak mencegah penularan COVID-19 (dengan disiplin lakukan 3M) ini sangat luar biasa, selain membantu nakes, juga mengurangi beban daya tampung ruang perawatan di Rumah Sakit Darurat COVID-19,” kata dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas COVID-19 dalam acara Dialog Juru Bicara dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (16/11).

Menurut Reisa, ada acara yang lebih murah untuk mencegah terkena penyakit dengan vaksin. Sambil menunggu vaksin Covid yang aman dan efektif, dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Disiplin menerapkan 3M dipraktikkan sebagai satu kesatuan akan sangat membantu meringankan beban dalam kondisi serba sulit di masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany mengatakan, penyakit merupakan musibah yang sebenarnya bisa dicegah. Pencegahan dilakukan dengan mengubah perilaku dan menjaga gaya hidup sehat.

“Oleh karena itu, jangan gampang menyalahkan Tuhan kalau kita sakit. Tuhan tidak akan memberikan seseorang musibah ataupun pahala dan rezeki tanpa melihat sejauh apa usahanya. ” ujar Hasbullah.

Pekan ini, persentase kasus meninggal akibat COVID-19 (fatality rate) di Indonesia turun menjadi 3,26% dari minggu sebelumnya 3,34%.

Hal ini dapat diartikan bahwa tenaga kesehatan telah berjuang maksimal dalam merawat pasien positif COVID-19, terutama pasien COVID-19 yang memiliki penyakit penyerta.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).