Scroll Untuk Lanjut Membaca
KOTA GORONTALOPemilu 2024

Masa Tenang, Bawaslu Kota Gorontalo Tertibkan 3.000 APK

34
×

Masa Tenang, Bawaslu Kota Gorontalo Tertibkan 3.000 APK

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Tertibkan APK
Proses Penertiban APK oleh Bawaslu Kota Gorontalo yang dibantu Satpol-PP, Kepolisian, Kesbangpol, Dishub. Foto/yayan

Dulohupa.id – Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memasuki tahapan masa tenang sejak Minggu (11/2.2024). Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo menyebut menertibkan kurang lebih 3.000 Alat Peraga Kampanye (APK) yang di bantu oleh unsur Kepolisan, Kesbangpol, Satpol-PP, dan Dinas Perhubungan.

Ketua Bawaslu Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib menuturkan bahwa sesuai Undang-Undang nomor 7 tahun 2023 tentang Pemilu, dalam masa tenang tidak boleh dilakukan kampanye, termasuk juga APK yang terpajang.

“Oleh karena itu, tadi mulai pada pukul 00.01 wita kami Bawaslu Kota Gorontalo bersama unsur terkait, itu melakukan penertiban seluruh APK di wilayah Kota Gorontalo. Terdapat sekitar 3.000 baliho (APK) di Kota Gorontalo,” ujar Sukrin kepada awak media.

Dalam kegiatan itu, Bawaslu sendiri membagi 3 tim kerja agar dapat lebih mengefisienkan kegiatan penertiban tersebut. Selain itu kata Sukrin, bahwa sampai saat itu belum ditemukan adanya hambatan ataupun perlawanan dari masyarakat yang menolak baliho jagoannya diturunkan.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu bukanlah hal yang baru, sehingga masyarakat serta para pimpinan-pimpinan partai politik (Parpol) telah mengetahui bahwa jika masuk di masa tenang, dilarang adanya aktivitas kampanye, juga APK terpajang.

“Sampai selesai (waktu penertiban). Mudah-mudahan kita targetkan malam ini, itu sebagian besar APK yang ada di Kota Gorontalo kita sudah tertibkan,” pungkas Sukrin.

Nantinya, jika masih terdapat APK yang belum sempat diturunkan, pihak Bawaslu akan menyisirnya pada hari ke dua dan hari ke tiga masa tenang.

Reporter: Yayan