Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Makan Prasmanan Jadi Salah Satu yang Harus Dihindari Agar Tak Tertular COVID-19

Dulohupa.id – Seorang kepala petugas medis dari situs web kesehatan WebMD mengatakan, bahwa makan secara prasmanan menjadi salah satu perilaku paling berisiko yang harus dihindari selama pandemi COVID-19. Sebab menurutnya, makan secara prasmanan menimbulkan potensi menyentuh peralatan yang juga telah disentuh oleh banyak orang lainnya.

“Jika Anda harus melakukannya, maka lebih baik menunggu saat antrean tidak terlalu padat. Pada dasarnya, makan secara prasmanan menimbulkan potensi anda menyentuh peralatan yang juga telah disentuh oleh banyak orang lainnya,” demikian kata John Whyte seperti dikutip dari Fox News, belum lama ini.

Tidak hanya itu, ada perilaku lainnya yang mesti dihindari. Yaitu mengenakan masker dengan cara yang salah. Hal ini mungkin umum ditemui di berbagai negara di dunia, karena rasa bosan atau alasan apapun.

Namun, kata Whyte, saat berada di area publik, penggunaan masker harus benar-benar tetap dijaga. Jangan membiarkan masker tidak menutupi area hidung atau justru membiarkannya merosot ke bawah dagu. Whyte mengatakan bahwa penggunaan masker yang salah secara otomatis membuat efektivitasnya turun drastis.

“Saya tahu semua orang bosan dengan COVID-19, tetapi sekarang bukan waktunya untuk menyerah atau bersikap santai dalam perlindungan diri,” ujar John Whyte.

Perilaku selanjutnya adalah pergi berkumpul saat terasa tidak enak badan. Secara tegas ia mengatakan, “jangan berada di dekat orang-orang saat terasa tidak enak badan. Anda bisa tertular COVID-19 bahkan sebelum Anda dites positif jadi dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa tidak enak, tetap di rumah. dan istirahat di tempat tidur. Jangan keluar untuk menulari orang lain,” jelas Whyte.

Selain itu, perilaku yang mesti dihindari adalah pergi ke acara keramaian. Acara yang dihadiri 50 orang atau lebih, di mana terdapat risiko bahwa tak ada jarak sosial membuat potensi penularan COVID-19 sangat besar.

Whyte mengingatkan agar orang-orang tidak berpikir bahwa obat maupun vaksin Covid-19 akan cepat tersedia, sehingga mereka menjadi lengah. Tetap jaga kesehatan dan lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan karena ini merupakan perilaku baik.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Redaksi