Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kue Kerawang Khas Gorontalo Jadi Kue Favorit Saat Lebaran

DULUHUPA.ID- Menjelang lebaran permintaan kue meningkat hingga empat kali lipat dari pada hari biasanya. Salah satu kue yang  laris dan diminati warga adalah Kue khas gorontalo yaitu kue karawo (kerawang).

Berbeda dengan kue kering pada umumnya pembuatan kue kerawang memiliki tingkat kesulitan dengan pengerjaannya yang memakan waktu. Kesulitanya akan tampak saat finishing, dimana satu persatu diatas kue dilukis berbagai motif bunga menggunakan campuran adonan makanan, seperti coklat,  gula halus, telur, serta aneka pewarna makanan.

Dalam proses pembuatannya, melukis kue kerawang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi, agar selain menciptkan rasa yang unik, hasil lukisannya juga tampak rapi.

Kue kerawang diambil dari sebuah nama karawo atau kerawang kain khas gorontalo yang menjadi kebanggaan warga gorontalo.

Tak heran,  jika menjelang lebaran kue ini banyak dibeli masyarakat sehingga permintaan mencapai empat kali lipat dari hari biasanya.

Seperti disalah satu toko kue Flamboyan milik Ibu Sonya yang terletak di kelurahan Mo’odu Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo ini Sejak pertengahan bulan ramdhan sudah di banjiri pesnan kue.

Ibu Sonya Yahya pemilik toko mengaku pesnan kue karawng bukan hanya dari warga local Gorontalo, melinkan pesanan juga datang dari luar daerah gorontalo.

‘’Bukan saja warga dari gorontalo yang pesan kue karawang, tapi  banyak juga  pembeli dari luar daerah gorontalo yang memesan’’ ungkap sonya

Selain dibutuhkan saat lebaran,  kue kerawang juga memiliki keistimewaan yang disajikan pada tamu undangan dan acara tradisi adat gorontalo.

Untuk warga yang penasaran dengan cemilan ini, tidak salahnya berkunjung ke gorontalo atau memesannya di toko kue kerawang flamboyan yang dijual dengan harga Seratus Ribu hingga Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah per toples mini.  Sementara per toples besar kue kerawang dijual dengan harga Tiga Ratus hingga Empat Ratus Ribu Rupiah.(sgt)