Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Mulai Menggenjot Pengecekan Dokumen Bapaslon

Dulohupa.id –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato saat ini tengah fokus pada pelaksanaan tahap Verifikasi Administrasi (Vermin) hingga 4 Agustus 2020 mendatang. Hal itu dikatakan Rinto W. Ali, Ketua KPU setempat, Rabu (29/7/2020)

Sebab, setelah menerima syarat dukungan perbaikan dari masing-masing Bakal pasangan calon (Bapaslon), saat ini pihaknya mulai menggenjot pengecekan dokumen perbaikan sejak tanda terima penyerahan perbaikan dan BA1KWK perbaikan diserahkan.

Menurut Rinto, kegiatan ini termasuk dalam tahapan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan, sebagai pemenuhan persyaratan dukungan bapaslon perseorangan.

“Saat ini tim Pokja pencalonan KPU Pohuwato sedang melakukan vermin, dan mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Di setiap kelompok terdiri anggota Pokja dan personil tambahan sudah di SK-kan,” ujarnya.

Menimpali itu, Anggota Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pohuwato, Iskandar Alulu mengatakan, bahwa sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, Vermin dukungan perbaikan mulai dilaksanakan dari 27 Juli hingga 4 Agustus 2020.

“Mereka yang tergabung dalam tim Pokja harus meneliti dengan detail dokumen perbaikan yang telah diserahkan. Baik dari pencocokan kesesuaian Nomor Induk Penduduk (NIK), nama, jenis kelamin, tempat, dan tanggal lahir,” ungkap Iskandar.

Lanjut Iskandar, jika dokumen dukungan perbaikan masing-masing Bapaslon yang sementara dikerjakan oleh tim Pokja KPU Pohuwato lolos tahap verifikasi administrasi, maka bisa dipastikan akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

“Jika lolos pada tahap Vermin perbaikan, maka akan segera dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual perbaikan pada tanggal 8 hingga 16 Agustus 2020 mendatang,” tambahnya.

Selain itu juga, menurut Iskandar, mekanisme ini dilakukan untuk memaksimalkan waktu dan kerja tim agar pelaksanaan kegiatan sesuai dari target yang sudah dijadwalkan.