Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bawaslu Gandeng Disdukcapil untuk Maksimalkan Pengawasan Coklit

Dulohupa.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo, menggandeng Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat untuk memaksimalkan pengawasan Coklit. Selainj itu, juga untuk mengantisipasi potensi kerawanan yang akan terjadi, pada saat proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Tahun 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, KPU Kabupaten Gorontalo, Alexander Kaaba berharap, pada Pilkada 2020 ini, DPT tidak lagi menjadi sumber masalah, sehingga pihaknya berharap Dukcapil dapat bekerja sama dan memberi dukungan pengawasan dalam memvalidasi daftar pemilih.

“DPT ini sangat penting, karena memiliki potensi kerawanan dalam penyusunannya. Contoh adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat, masih masuk dalam DPT, dan sebaliknya pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam DPT,” terangnya.

Dijelaskan pula oleh Alexander Kaaba, bawaslu juga berharap agar Disdukcapil dapat memberikan informasi data proggress perekaman wajib KTP, serta peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yakni data pindah keluar, dan pindah masuk serta pemilih yang telah meninggal dunia.

Terakhir dikatakan olehnya, selain melakukan pengawasan langsung terhadap potensi-potensi kerawanan, bawaslu juga membuka posko pengaduan pemutakhiran daftar pemilih di semua Sekretariat Panwascam untuk menerima laporan dari masyarakat terhadap proses pemutakhiran daftar pemilih.

“Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pengawasan DPT, sehingga bawaslu memandang perlu membentuk kelompok kerja yang melibatkan Disdukcapil Kabupaten Gorontalo,” tutupnya. (Dhedy)