Untuk Indonesia

KPU Pohuwato Akan Segera Tetapkan SMS Sebagai Paslon Terpilih Pilkada 2020

Dulohupa.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato akan segera menetapkan paslon terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato tahun 2020.

Sebelumnya, penetapan calon terpilih tertunda karena masih adanya perkara gugatan dugaan pelanggaran hasil Pilkada Pohuwato.

Namun, setelah putusan hakim MK pada Rabu (17/2) tadi, yang tidak menerima atau menolak perkara gugatan pilkada tersebut, KPU akan segera melaksanakan penetapan calon terpilih.

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, saat dikonfirmasi oleh Dulohupa.id via telpon membenarkan hal tersebut. Bahwa KPU akan segera menetapkan calon terpilih, mengingat perkara gugatan pelanggaran Pilkada Pohuwato ditolak MK.

“Jadi setelah dibacakan putusan perkara di MK tadi, nanti kita akan memperoleh salinan dari MK dan salinan itu yang akan menjadi dasar kita untuk melaksanakan rapat pleno calon terpilih,” kata Rinto via telepon, Rabu (17/2).

Menurutnya, ketika salinan putusan MK sudah diterima oleh KPU kabupaten/kota, maka rapat penetapan calon terpilih harus segera dilaksanakan.

“Setelah menerima salinan KPU punya waktu selama lima hari lamanya untuk segera melaksanakan rapat pleno penetapan calon terpilih. Batas waktunya lima hari yang dimiliki oleh KPU dan itu akan kami maksimalkan,” tuturnya.

Untuk waktu dan tanggal sendiri, kata Rinto, belum diketahui kapan akan dilaksanakan rapat pleno penetapan tersebut. karena masih menunggu salinan putusan dari MK.

“Untuk waktunya kami belum tahu kapan pastinya, karena dasarnya itu ada di MK, berupa salinan putusan tersebut baru kami bisa melaksanakan rapat pleno dengan batas waktu selama lima hari,” tambahnya.

Diketahui, dalam Pilkada 2020, pasangan Saipul Mbuinga dan Suharsi Igrisa memperoleh suara terbanyak dengan 37.190 suara. Paslon inilah yang nantinya  akan segera ditetapkan oleh pihak KPU sebagai calon terpilih pada Pilkada Pohuwato tahun 2020.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.