Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialKOTA GORONTALOKPU KOTA GORONTALOPilkada

KPU Kota Gorontalo Perjelas Syarat Dukungan Pencalonan Perseorangan

133
×

KPU Kota Gorontalo Perjelas Syarat Dukungan Pencalonan Perseorangan

Sebarkan artikel ini
Pencalonan perseorangan
Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Persiapan Penyerahan Dukungan Untuk Pilkada Kota Gorontalo Tahun 2024. Foto/Dulohupa

Dulohupa.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan dalam penyerahan dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan maupun yang diusung oleh partai untuk Pilkada Kota Gorontalo tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Fox Kota Gorontalo, Senin (6/5/2024).

Dalam rapat koordinasi dan sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa perwakilan calon perseorangan yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Gorontalo. Hadir pula dalam acara ini, Ketua Bawaslu Kota Gorontalo, yang memberikan arahan dan pengawasan terhadap proses penyelenggaraan Pilkada.

Syarat minimal dukungan bagi bapaslon Walikota dan Wakil Walikota harus mengumpulkan minimal 16.607 KTP dari setidaknya 5 kecamatan. Hal itu berdasarkan sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam Pasal 41 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, serta Surat Keputusan KPU Kota Gorontalo Nomor 240 Tahun 2024 tentang Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo tahun 2024.

Diketahui bahwa jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Kota Gorontalo adalah 146.061, dengan jumlah kecamatan sebanyak 9.

Hairudin Polontalo, Anggota KPU Kota Gorontalo, menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan, Bapaslon perseorangan harus memenuhi minimal 10 persen dari jumlah DPT, yaitu sebanyak 14.607 KTP yang tersebar di minimal 5 kecamatan. Penyerahan syarat dukungan akan dilakukan mulai tanggal 8 hingga 12 Mei 2024.

Rapat ini juga bertujuan untuk memperkenalkan proses penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada para calon perseorangan.

“Aplikasi Silon diharapkan dapat mempermudah para calon dalam proses pengumpulan dukungan yang diperlukan untuk memenuhi syarat pencalonan,” ujar Hairudin Polontalo.

Anggota KPU Kota Gorontalo menjelaskan tentang penggunaan aplikasi Silon mulai dari pendaftaran hingga proses pengumpulan dukungan yang diperlukan.

Selain itu, KPU Kota Gorontalo juga menyampaikan beberapa catatan penting terkait aturan dan tata cara pengumpulan dukungan, termasuk batas waktu pengumpulan dukungan yang telah ditetapkan.

Rapat koordinasi dan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya KPU Kota Gorontalo untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada Kota Gorontalo tahun 2024.

Reporter: Alwi