Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Kabupaten Gorontalo Akan Jalani Swab Test Setelah Dua Bapaslon Pilkada Terpapar COVID-19

Dulohupa.id – Seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, akan menjalani pemeriksaan swab test, setelah dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar, terkonfirmasi positif COVID-19.

Roni Sampir, kepala dinas kesehatan setempat, kepada dulohupa.id membenarkan terkait rencana tersebut. Sebab, pihaknya yang nantinya akan melakukan pemeriksaan swab test tersebut.

“Hari ini pihak kami masih koordinasi dengan pihak KPU, besok fiksnya (kabar resminya) untuk dilakukan (swab test) sekitar pukul 09.00 WITA, (dan) tim analis dan survales yang akan melakukan swab test tersebut,,” ujar Roni saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (8/9)

Meski begitu, swab test tersebut tidak akan berbuntut pada proses isolasi mandiri kepada petugas KPU. Sebab, durasi isolasi sesuai ketentuan itu terlalu lama, sedangkan tahapan pilkada akan segera berlangsung.

Namun, pihaknya hanya akan melakukan “swab kontrol. Hal ini dilakukan, karena banyak tugas-tugas yang harus secepatnya dilakukan oleh KPU terkait tahapan Pilkada 2020,” ungkapnya

Bahkan kata Roni, untuk massa pendukung, jika tanpa gejala pihaknya menyarankan isolasi mandiri. Sementara bila bergejala maka akan di swab test. “olehnya jika (massa pendukung) tanpa gejala maka isolasi mandiri. Namun, KPU kita perlu lakukan swab test untuk memastikan jajaran KPU benar-benar bebas dari COVID-19, ” tandasnya

Reporter: Fandiyanto Pou
Editor  : Wawan Akuba