Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINENASIONALPemilu 2024

Korban Gagal Caleg di RS Jiwa Beredar di Medsos, Cek Faktanya!

222
×

Korban Gagal Caleg di RS Jiwa Beredar di Medsos, Cek Faktanya!

Sebarkan artikel ini
Gagal Caleg
Foto pasien di RS Jiwa yang beredar di Medsos/Ist

Dulohupa.id – Beredar foto di media sosial (Medsos) yang mengklaim pasien di rumah sakit jiwa (RSJ) adalah korban gagal Calon Legislatif (Caleg) 2024. Foto itu diunggah salah satu akun Facebook, pada 15 Februari 2024.

Klaim pasien RSJ korban gagal caleg 2024 menampilkan sejumlah orang mengenakan model baju yang sama dengan warna biru dan ungu yang sedang berada di dalam ruangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

“Hari ini terpantau banyak pesanan kamar di RSJ. Ada antrian pasien korban gagal caleg 2024. Tetaplah bersyukur apapun keadaanmu hari ini Lihat çaleg dari Partai oligarki banyak yg gagal calon uang sudah banyak habis ‘ rumah sakit jiwa ujung” nya😂😂😂”

Hasil Penelusuran

Koalisi Cek Fakta yang dilansir dari Liputan6.com menelusuri klaim foto pasien RSJ korban gagal caleg 2024, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul “Pasien Rumah Sakit Jiwa Babel Kecewa Tak Bisa Nyoblos: Jalan Kaki pun Mau Bila Diizinkan Pulang” yang dimuat situs bangka.tribunnews.com, pada 17 April 2019. Artikel situs bangka.tribunnews.com memuat foto yang identuk dengan klaim dan diberi keterangan sebagai berikut.

“Pasien RSJ Babel mengaku kecewa tak bisa menyoblos karena petugas KPPS tidak datang.”

Artikel situs bangka.tribunnews.com menyebutkan, salah satu pasien dengan gangguan kejiwaan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku sudah siap untuk melaksanakan hak suara di TPS 1 Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat, namun gagal karena petugas KPPS nya datang ke RSJ Babel, Rabu (17/04/2019).