Untuk Indonesia

Kondisi Rusak, Warga Tanami Pohon Pisang di Jalan Samaun-Pulubuhu

Dulohupa.id – Warga Desa Pone, Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo terpaksa menanami pohon pisang di badan jalan Samaun-Pulubuhu yang kondisinya rusak akibat ketidakjelasan keberlanjutan pengerjaan jalan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Pantauan di lapangan, terdapat tiga pohon pisang yang berdiri di kawasan itu. Terinformasi bahwa warga Desa pone yang menanamnya.

Yanto Arifin, Warga Desa Pone menyampaikan, hal itu merupakan bentuk protes mereka karena pengerjaan jalan di area itu tak kunjung tuntas. Menurutnya perbaikan jalan yang ada harus diperjelas keberlanjutannya.

“Torang (Kita) yang pasang ini pohon pisang. Memang torang (Kita) mo bekeng kerja ini dia jalan,” ujar Yanto.

Yanto menerangkan, pengerjaan jalan itu diketahui hanya di sebelah jalan. Bukan yang di bagian Pone, namun penggalian jalan itu sudah dilakukan oleh mereka. Ini kemudian kata Yanto yang harusnya diperjelas.

“Kalau memang mau dibongkar jalannya, kenapa hanya setengah begitu. Kenapa ada masalah,” kata Yanto melotot.

Kepala Desa Pone, Saipul Daud mengaku telah melihat pemasangan pohon pisang di badan jalan itu. Namun dirinya tak mengetahui siapa yang telah memasangkan pohon pisang tersebut.

“Saya sudah lihat itu. Itu kan batas antara Desa Pone dan Kelurahan Tenilo. Saya tidak tahu siapa yang pasang itu,” kata Saipul.

Lanjut kata Saipul, bahwa ia akan mencari tahu siapa yang telah memasangkan pohon pisang itu. Sebab, menurutnya itu tak pantas dilakukan. Mengingat jalan tersebut masih dalam proses pengerjaan.

“Saya akan konfirmasi kepada warga disekitar situ. Kalaupun itu warga saya, akan saya bina. Itu kan bukan jalan rusak. Tapi itu jalan yang sementara dikerjakan,” jelas Saipul Daud.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gorontalo Ansor Napu dikonfirmasi menyatakan bahwa terkait pengerjaan ruas jalan tersebut, pihaknya sudah memanggil penyedia.

“Akan segera dilanjutkan, yang lalu terkendala alat, tapi sudah selesai perbaikan, siap lanjut. Insyaallah akhir minggu ini dilanjutkan, terimakasih,” jawab Ansor Napu via WhatsApp.

Reporter: Py

Comments are closed.