Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Ketua IDI Kabupaten Gorontalo Imbau Masyarakat Tak Buang Masker Bekas Sembarangan

Dulohupa.id – Walaupun masker menjadi salah satu senjata dalam mencegah penularan COVID-19, namun penggunaanya yang masif berujung pada masalah baru terhadap lingkungan. Sebab, masker sekali pakai menjadi salah satu sampah medis yang paling banyak.

Oleh karena itu, agar menangani masalah virus corona tidak justru berujung pada masalah baru, maka Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntoyungo, menyarankan masyarakat tidak sembarang membuang sampah masker.

Kepada Dulohupa.id Irawan menyampaikan, sebaiknya masyarkat membuang sampah masker yang telah digunakan ke tempat sampah. Dari apa yang ia saksikan selama ini, banyak masyarakat yang sesuka hati membuang masker yang telah digunakan di sembarang tempat.

Selain itu, yang penting untuk diperhatikan kata Irawan, adalah memastikan masker yang telah digunakan tersebut, tidak lantas digunakan kembali oleh orang lain, atau justru disalahgunakan dengan memperjualbelikan masker bekas tersebut.

“Maka, sebelum kita membuang masker dihancurkan terlebih dahulu seperti digunting, disobek-sobek, sehingga tak ada yang bisa gunakan kembali. Terus dibuang pada tempatnya dan pastinya tidak ada kata daur ulang untuk masker,” ungkap Irawan saat ditemui di rumah sakit Dunda Limboto, Selasa (20/10) pagi.

Lebih lanjut, kata Irawan, tidak hanya masker, limbah medis lainnya seperti sarung tangan medis sekali pakai juga menjadi salah satu penyumbang sampah terbanyak. Dengan jumlahnya yang banyak, tentu kelak akan menjadi ancaman tersendiri bagi lingkungan. Makanya, perlu penanganan sedini mungkin.

“Masker sekali pakai yang dibuang sembarang tersebut telah menimbulkan kekhawatiran para pegiat lingkungan. Ketika orang membuang masker secara sembarang yang terjadi sulit untuk bisa membedakan penggunaan masker oleh orang dengan kondisi kesehatan baik atau pun sedang berpenyakit,” tuturnya.

Kata Irawan, agar masker dan sampah medis lainnya tidak semakin menjadi masalah sampah baru di Gorontalo, maka ia mengajak masyarakat terutama di Kabupaten Gorontalo, memahami tata cara penggunaan masker dengan baik, dan bagaimana membuang masker yang sudah digunakan.

“Sesama warga, termasuk saya. Agar bisa (saling) mengingatkan. Tertularnya COVID-19 bukan saja kontak sesama manusia, bisa juga dari yang kita hirup, terutama dari pembakaran masker yang kita tidak sadari,” tandasnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Fandiyanto Pou