Untuk Indonesia

Kapolres Gorontalo: Bhabinkamtibmas dan Babinsa Berperan Jaga Ketertiban

Dulohupa.id- Kapolres Gorontalo, AKBP Ade Permana mengungkapkan bahwa peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam menjaga ketertiban setiap wilayah di Gorontalo, sangat dibutuhkan masyarakat.

Meski begitu, tidak sembarangan menempatkan anggota bhabinkamtibmas dan babinsa di sebuah wilayah. Sebab, mereka dituntut harus mengerti, pintar, dan sopan dalam bertindak dan bertutur kata dengan baik terhadap masyarakat.

“Peran dari babinkamtibmas dan babinsa, menjadi salah satu garda terdepan untuk menjaga dan menertibkan wilayah yang menjadi tanggung jawab masing – masing.” ujar Ade saat apel bersama Babinsa jajaran Kodim 1314 Gorontalo Utara dan jajaran bhabinkamtibmas Polres Gorontalo, yang berlangsung di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Kabupaten Gorontalo, Senin (22/2).

Dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini kata dia, bhabinkamtibmas dan babinsa mesti berkoordinasi dengan kepala desa di masing-masing wilayah, untuk menghidupkan posko-posko desa.

“Sehingga kita perlu kerja sama yang baik dalam tiga pilar. Tidak hanya Polri dan TNI saja yang berperan aktif, namun juga perlu dukungan dari elemen masyarakat untuk menyamakan persepsi dalam penerapan protokol kesehatan,” tutup Ade.

Sementara itu, Dandim Kodim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Kav Embi Triono mengatakan, harapan Presiden RI, Joko Widodo kepada bhabinkamtibmas adalah, perannya dalam satu wilayah.

“Kini kita sudah masuk tahap kedua untuk vaksinasi, jadi peran babinkamtibmas dan babinsa penting untuk mengingatkan kepada masyarakat agar pentingnya vaksin untuk pencegahan COVID-19 dan juga harus memberitahukan bahwa vaksin itu halal,” katanya singkat.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.