Natal dan Tahun Baru, Jangan Ada Kerumunan

Dulohupa.id – Jelang perayaan natal dan tahun baru, warga Gorontalo jangan membuat kerumunan besar. Mengingat kondisi Indonesia, terutama Provinsi Gorontalo saat ini, masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sehingganya dikhawatirkan, akan ada kluster baru akibat perayaan natal dan tahun baru.

Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kabupaten Gorontalo, Dr Irawan Huntuyungo menegaskan, Saat kondisi pandemi, bukan hanya perayaan natal dan tahun baru saja, tapi semua perayaan harus mengedepankan protokol kesehatan. Salah satunya adalah menghindari keramaian.

“Covid-19 belum berakhir, jadi kita tetap patuhi prokes. Khawatirnya akan ada klaster – klaster terbaru usai perayaan tahun baru dan perayaan hari raya Natal nanti,” ungkapnya Kamis (26/11) pagi.

Perayaan natal umumnya menurut Dr Irawan, akan menimbulkan kerumunan warga yang banyak, baik di tempat terbuka maupun tertutup. Sehingga pihaknya mengkhawatirkan, Warga akan lupa dengan penerapan Protokol kesehatan.

“Jadi resiko untuk penularan Covid-19 sangatlah besar, jadi hati – hati sajalah, karena pastinya saat perayaan tahun baru itu, kita sering kali melupakan aturan yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 secara nasional, sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo, sudah menetapkan kondisi zona hijau. Menyusul, tidak adanya lagi kasus baru Covid-19. Bahkan, secara nasional, Gorontalo termasuk daerah yang mampu mengendalikan dengan baik angka kesembuhan pasien Covid-19.

 

Reporter: Fandiyanto Pou