Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Jamaah Haji Tahun 2020, Batal Berangkat

Dulohupa.id– Pemberangkatan jemaah haji tahun 2020, resmi dibatalkan. Langkah ini diambil terkait masih belum terkendalinya pandemic Covid-19, yang saat ini melanda Indonesia dan Arab Saudi.

“Saya hari ini telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M,” tegas Menag, Fachrul Razi dalam kesempatan telekonferensi dengan awak media di Jakarta, Selasa (02/06).

Keputusan ini menurut Fachrul, sudah melalui sejumlah kajian dan pertimbangan mendalam Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Sesuai amanat Undang-undang, selain mampu secara ekonomi dan fisik, kesehatan, keselamatan, dan keamanaan jemaah haji harus dijamin dan diutamakan, sejak dari embarkasi atau debarkasi, dalam perjalanan, dan juga saat di Arab Saudi,” terangnya.

Lebih lanjut Fachrul mengungkapkan, selain karena faktor keselamatan Jemaah haji, keputusan pembatalan pemberangkatan haji juga diambil karena hingga saat ini, Pemerintah Arab Saudi, belum juga membuka layanan penyelenggaraan haji untuk tahun 2020. (*/DP-02)