Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Jadi Pemateri Kegiatan Podcast Digitalisasi Pasar dan UMKM di BRI, Haris Tome Paparkan Sipardi

Dulohupa.id – Menjadi pemateri dalam pelaksanaan Podcast Digitalisasi pasar dan UMKM, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome menjelaskan, bagaiman berbelanja menggunakan Sistim Pasar Digital (Sipardi), yang digelar pada Rabu (15/07) diruang prioritas Bank BRI Cabang Limboto.

Dalam penjelasannya saat memberikan materi yang juga menghadirkan Kepala BRI Cabang Limboto Nanang Setiawan sebagai Pemateri serta Relawan TIK Eko Nasaru, Haris Tome menjelaskan, bagaimana tata cara masuk dan melakukan pembelanjaan di Sipardi, yang digagas oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo.

Lanjut dikatakan oleh Haris Tome, aplikasi Sipardi ini sengaja dibuat, guna membantu masyarakat dalam menyiapkan kebutuhan hidup, tanpa harus lagi datang langsung berbelanja ke pasar, ataupun pertokoan yang menyiapkan kebutuhan masyarakat yang dibutuhkan.

Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 saat ini yang masih terus mewabah dan tidak diketahui kapan akan berakhir, sehingga keresahan warga yang masih akan terjangkit akan virus ini masih sangat tinggi.

“Kami berharap dengan dihadirkannya aplikasi ini, dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, tanpa harus bersusah-susah datang ke pasar atau pertokoan lagi. Cukup hanya dengan masuk ke aplikasi ini dan mengikuti petunjuk yang ada, masyarakat tinggal hanya bisa menunggu di rumah,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BRI Cabang Limboto Nanang Setiawan, mengatakan kalau dari BRI sebelum Pandemi Covid-19, sudah menyiapkan aplikasi online seperti ini, namun kurang mendapatkan respon dengan para UMKM.

“Makanya saat aplikasi ini diluncurkan disaat Covid-19, kita langsung merespon baik apa yang menjadi program pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kominfo. Apalagi program ini mendapatkan respon yang besar dari masyarakat, dan sejalan dengan apa yang telah kita programkan sejak 2018 dan 2019 kemarin,” terangnya. (Dhedy)