Ini Rekomendasi TKPRD untuk Pembangunan Perumahan Popodu Bone Bolango

Dulohupa.id– Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Kabupaten Bone Bolango (TKPRD) kembali melakukan rapat bersama. Rapat ini membahas rekomendasi TKPRD untuk rencana pembangunan perumahan di Desa Popodu, Kabupaten Bone Bolango.

Rapat ini menghadirkan instansi teknis yang masuk dalam TKPRD. Antara lain, Dinas PUPR, Bappeda-Litbang, DPMPTSPTK, dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

Rapat berlangsung di ruang multi fungsi Mall Pelayanan Publik (MPP) Bone Bolango. Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma selaku Ketua TKPRD memimpin langsung rapat yang berlangsung Rabu (6/1) itu.

Dalam penyampaiannya, Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma mengungkapkan, Agenda rapat itu membahas sejumlah rekomendasi teknis kesesuaian penataan tata ruang untuk lokasi pembangunan perumahan. Antara lain pembangunan perumahan di Desa Popodu, Kecamatan Bulango Timur dan juga lokasi pembangunan rumah khusus Lansia di Desa Kramat, Kecamatan Tapa.

“Untuk rekomendasi teknis kesesuaian penataan tata ruang lokasi pembangunan perumahan di Desa Popodu, itu lahannya belum mencapai 2 hektar atau sesuai persyaratan luasnya harus 1,6 hektar. Namun saat ini baru 8000 meter yang masuk permohonannya. Tapi mereka ada lahan lain, karena lahannya ada di tempat yang luasnya lebih dari 1,6 hektare,” ujar Ishak.

Olehnya Sekda mengatakan, TKPRD dalam rapat tersebut meminta pemohon maupun pengembang. Membangun lebih dulu Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum (PSU) di dua lokasi yang nantinya mereka akan bangun perumahan tersebut. Salah satunya pembangunan maupun pembuatan jalan masuk ke lokasi perumahan.

“Pembangunan jalan masuk menjadi persyaratan utama untuk perumahan. Lebar jalan pun paling kurang 6 meter,” Tandasnya.

 

Redaksi