Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Ini Dia 2 Paslon Pilkada Pohuwato yang Telah Mendaftar dan Memenuhi Syarat Kelengkapan Dokumen

Dulohupa.id – Sebanyak dua Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Kedua paslon itu adalah Ibrahim Bouti – Miswar Yunus, dan Hamdi Alamri – Zairin T.D Maksud. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, Jumat (4/9).

Rinto mengungkapkan, bahwa memang di hari pertama pendaftaran, sudah ada dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato jalur perseorangan, yang telah mendaftar. Keduanya datang ke KPU di waktu yang berbeda.

“Dari dua paslon yang telah mendaftar tersebut, sudah kita cek kelengkapan dokumennya. Pada pengecekan dokumen ini, ada tiga dokumen dari setiap paslon yang harus disampaikan kepada KPU. Pertama terdiri dari sisi keabsahan dan kelengkapan, kedua dokumen syarat calonnya, dan ketiga dokumen bersama,” jelas Rinto.

Secara rinci Rinto mengungkapkan, setelah dilakukan pengecekan dokumen persyaratan, KPU menyimpulkan bahwa dua bapaslon tersebut dinyatakan memenuhi syarat. Sehingga pihaknya memberikan tanda terima kepada kedua paslon tersebut karena sudah memenuhi standar dari ketentuan PKPU.

Meski begitu, kata Rinto, “dokumen yang kami cek itu hanya kelengkapan berkas saja, ada atau tidak ada, untuk selanjutnya masih dalam penelitian dari sisi keabsahan dokumen bersama. Yang jelasnya, dari seluruh dokumen untuk dua paslon ini ada dan lengkap,” terang Rinto kepada wartawan.

Ia juga menjelaskan, bahwa masih ada tahap selanjutnya yang akan dilakukan oleh KPU Pohuwato, yaitu melakukan penelitian terkait keabsahan dari dokumen tersebut. Katanya, untuk penelitian berkas akan dilakukan pada tanggal 7 hingga tanggal 11 September 2020.

“Dan jika sudah ada hasilnya, akan kami umumkan. Sehingga, bila ada ada dokumen yang harus diperbaiki, kami akan memberikan waktu perbaikan kepada paslon tersebut,” lanjutnya.

Sebab kata Rinto, dalam penelitian keabsahan berkas nanti, hanya berkas calon yang akan dilakukan pengecekan keabsahan berkas, karena syarat pencalonan mutlak harus lengkap saat pendaftaran, dan kami nyatakan sah.

“Untuk dokumen calon sendiri, akan kami lakukan penelitian keabsahan dokumen. Ketika belum sah dari sisi dokumennya, akan kami beri wakut untuk segera memperbaiki,”

Lebih lanjut Rinto menambahkan, bahwa untuk paslon lainnya yang belum melakukan pendaftaran hari ini, sudah mengonfirmasi akan melakukan pendaftaran pada besok, Sabtu (5/9).

“Jadi untuk besok hari itu ada dua lagi paslon yang telah mengonfirmasi akan melakukan pendaftaran. Dan baru pasangan Iwan adam dan Zunaidi Z. Hasan yang sudah kita terima suratnya. Dalam isi surat tersebut, mereka akan melakukan pendaftaran besok jam tiga sore.”

Lanjut Rinto, untuk pasangan Saipul Mbuinga dan Suharsi Igrisa, pihak KPU sendiri masih menunggu surat pemberitahuan, tetapi yang pasti, konfirmasinya besok pasangan ini akan melakukan pendaftaran.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor: Wawan Akuba