Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

IDI Pohuwato Gratiskan Test Swab untuk Setiap Bapaslon Pada Pilkada 2020

Dulohupa.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pohuwato menggratiskan tes swab untuk setiap bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftarkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di kabupaten setempat.

“Sesuai ketentuan PB IDI, tes swab tersebut digratiskan dan IDI cabang yang akan memfasilitasi dan sekaligus mendampingi setiap bapaslon. Jadi, aturan yang keluar dari PB IDI kami sampaikan kepada setiap parpol dan bapaslon perseorangan yang mau mencalonkan,” kata Yenny Ahmad, Ketua IDI Kabupaten Pohuwato diwawancarai usai mengikuti rapat koordinasi persiapan pendaftaran bapaslon, Kamis (27/8/2020).

Sebetulnya kata Yenny, IDI pusat mengeluarkan aturan untuk setiap bapaslon wajib mengikuti tes swab, agar dapat dipastikan bahwa mereka bebas dari virus SAR-COV2 penyebab COVID-19.

Lanjutnya, sesuai ketentuan dari PB IDI, tes swab sudah harus dilaksanakan dari tanggal 26-27. Sehingga jika ada yang terkonfirmasi positif, masih ada waktu untuk melakukan karantina mandiri.

“Penentuan tanggal tersebut hanya perkiraan (atau) estimasi waktu dari IDI. (Sehingga) jika ada yang positif, mereka masih bisa dikarantina atau (melakukan) isolasi mandiri selama 14 hari. Untuk rumah sakit rujukan, kami memilih Rumah Sakit (RS) Aloe Saboe untuk pemeriksaan swab bagi setiap bapaslon,” tutup Yenni.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, “jadi untuk (bapaslon) syarat harus di (tes) swab, memang direkomendasikan oleh IDI, dan ini menjadi tanggungan pihak IDI. Juga tes swab ini gratis,” ujarnya.

Sebab kata Rinto, pihak IDI tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap bapalson yang tidak melakukan tes swab.

“Dan perlu diketahui, untuk test swab ini merupakan penyampaian dari pihak IDI sendiri, bukan dari pihak KPU. Kami hanya menindaklanjuti rekomendasi dari IDI Cabang Pohuwato,” tutur Rinto.

Reporter : Zulkifli Mangkau