Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pilkada di Masa Pandemi COVID-19, Bawaslu Pohuwato Tak Izinkan Timses Berkonvoi

Dulohupa.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pohuwato mengimbau kepada setiap tim pendukung atau tim sukses (timses) setiap bapaslon pada Pilkada 2020, untuk mematuhi protokol kesehatan. Sebab, protokol kesehatan pencegahan COVID-19 merupakan aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh elemen masyarakat.

“Soal pengawasan pada pendaftaran pencalonan nanti juga kita sudah ada peraturan bawaslu, yakni Peraturan Bawaslu Nomor 4 tahun 2020 sebagai aturan kita dalam melakukan pengawasan dan sengketa-sengketa pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini,” ujar Zubair Mooduto, Ketua Bawaslu Pohuwato, Kamis (27/8/2020).

Oleh karena itu, dalam proses pendaftaran nanti, ada batasan-batasan yang nantinya harus dilakukan dan dipatuhi masing-masing tim pendukung.

Zubair juga menuturkan, bahwa pihaknya harus memastikan setiap tahapan, mulai dari pendafataran, pemeriksaan kesehatan, penelitian berkas hingga penetapan calon, berlangsung dan terlaksana sesuai amanat dari Peraturan KPU (PKPU).

“Makanya kami mengimbau agar semua masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Lanjutnya juga, pada tahapan pendaftaran nanti, pihak KPU juga sudah memiliki juknis terkait hal itu, sehingga jika terjadi iring-iringan masa (konvoi), pihak bawaslu akan melakukan koordinasi dengan pihak satgas COVID-19 dan kepolisian, untuk bagaimana mengantisipasi hal-hal tersebut.

“Tetap pada intinya, kami bawaslu selalu mengingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Bahwa seluruh proses tahapan pelaksanaan yang dilakukan oleh KPU ini harus selalu memerhatikan protokol kesehatan,” tutup Zubair. **

Reporter : Zulkifli Mangkau