Scroll Untuk Lanjut Membaca
CEK FAKTAHEADLINENASIONALPemilu 2024

Hoaks, Kontainer Pengangkut Logistik Pemilu Menangkan Prabowo-Gibran

100
×

Hoaks, Kontainer Pengangkut Logistik Pemilu Menangkan Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
Prabowo Gibran
Penggalan video yang beredar di media sosial memperlihatkan truk kontainer yang diklaim mengangkut logistik Pemilu untuk emmenangkan Prabowo-Gibran adalah Hoaks/Ist

Dulohupa.id – Sebuah video beredar di WhatsApp memperlihatkan truk-truk kontainer dengan banner bergambar Prabowo-Gibran. Konten itu diklaim mendistribusikan logistik pemilu untuk memenangkan paslon capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Video tersebut tidak memperlihatkan bagian dalam kontainer.

Konten berantai itu memuat narasi sebagai berikut:Logistik pemilu khusus memenangkan capres no 2?

Kolisi cek fakta Tempo menerima permintaan pembaca untuk memeriksa kebenaran narasi tersebut. Benarkah iring-iringan truk kontainer tersebut mengangkut logistik pemilu yang memenangkan paslon capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Gibran?

Cek fakta Tempo memverifikasi sumber video itu menggunakan layanan reverse image search dari mesin pencari Google. Ditemukan sejumlah video identik yang memberikan informasi lebih lengkap.

Hasil penelusuran video

Video 1

Video yang beredar pada detik ke-22 memperlihatkan iring-iringan truk kontainer yang salah satunya ditempeli banner bergambar Prabowo dan Gibran mengenakan sarung tinju, sama dengan unggahan akun TikTok sekabel.indonesia.

Sekabel adalah singkatan dari Sedulur Kayu Mebel yang merupakan kelompok relawan pendukung Joko Widodo pada Pilpres 2019 dan kini mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Unggahan akun TikTok Sekabel, tanggal 4 Januari 2024 tersebut, tidak mengatakan bahwa iring-iringan truk kontainer itu membawa logistik pemilu yang memenangkan paslon capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

Video 2

Pada detik ke-36, video yang beredar juga memperlihatkan truk kontainer dengan banner bergambar Prabowo dan Gibran sedang melintas, yang identik dengan unggahan akun TikTok abdullahabunzaqwan tertanggal 3 Januari 2024.

Unggahan itu mengatakan bahwa iring-iringan truk kontainer itu bagian dari kegiatan Sekabel dalam mengampanyekan paslon capres-cawapres Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Unggahan tidak menyatakan apa isi kontainer-kontainer tersebut.

Akun TikTok Solo Times juga mengunggah video truk yang dipasangi banner dukungan pada paslon capres-cawapres Prabowo-Gibran tersebut, dan menyatakan bahwa isi kontainer itu adalah produk mebel yang hendak diekspor ke Amerika Serikat.

“Sekabel Jokowi pasang ratusan spanduk Prabowo-Gibran di kontainer ekspor mebel. Sekabel Jokowi kirim ekspor mebel ke USA pakai spanduk Prabowo-Gibran,” tulis Solo Times yang ditempelkan ke video.

Dalam profil media sosialnya, Solo Times menyebut sebagai akun yang menyebarkan berita seputar Soloraya, Jawa Tengah. Bila dilihat konten-kontennya, terutama yang terbaru, Solo Times kerap memberitakan kegiatan Gibran, keluarga dan pendukungnya.

Dilansir Joglosemarnews.com, Ketua Umum Sekabel Wisnu Broto mengatakan pihaknya mengerahkan truk kontainer dengan banner bergambar paslon capres-cawapres Prabowo dan Gibran sebagai dukungan kampanye untuk keduanya.

Artikel yang tayang 4 Januari 2024 itu, mengatakan truk-truk kontainer itu berjalan beriringan dari Solo ke pelabuhan Semarang. Aksi juga disertai pembukaan posko relawan pendukung paslon capres-cawapres tersebut untuk wilayah Soloraya.

Ketua Bawaslu Surakarta atau Solo, Budi Wahyono, mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi terkait narasi yang beredar di media sosial itu.

“Bawaslu Kota Surakarta tidak mendapatkan informasi apapun terkait hal tersebut,” kata Budi melalui pesan, Jumat, 12 Januari 2024.

Kesimpulan

Verifikasi tim Cek Fakta Tempo menyimpulkan bahwa narasi yang mengatakan video yang beredar memperlihatkan iring-iringan truk kontainer yang membawa logistik pemilu yang memenangkan paslon capres-cawapres Prabowo-Gibran adalah klaim yang menyesatkan.

Truk-truk itu ditempeli banner bergambar Prabowo-Gibran sebagai aksi kampanye kelompok relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel). Sedangkan isi kontainer sesungguhnya adalah produk mebel pengusaha-pengusaha mebel anggota Sekabel, yang akan diekspor.

Sumber Rujukan:

https://cekfakta.com/focus/15137

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2696/menyesatkan-video-yang-diklaim-kontainer-pengangkut-logistik-pemilu-untuk-prabowo-gibran

https://joglosemarnews.com/2024/01/caleg-dprd-jateng-dan-sedulur-kayu-mebel-dukung-pemenangan-prabowo-gibran/