Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINENASIONALPERISTIWA

Hendak ke Lokasi Kebakaran, Truk Damkar Tertabrak Kereta Api

69
×

Hendak ke Lokasi Kebakaran, Truk Damkar Tertabrak Kereta Api

Sebarkan artikel ini
Damkar Tertabrak Kereta
Tangkapan layar video memperlihatkan truk Damkar saat tertabrak Kereta api di Indramayu.

Jawa Barat – Sebuah truk pemadam kebakaran (Damkar) milik pemerintah Kabupaten Indramayu tertabrak kereta api barang di perlintasan Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (02/7/2024) dini hari sekiatr pukul 01.55 WIB.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, tampak truk damkar itu terhenti di tengah-tengah perlintasan kereta. Sejumlah petugas pemadam juga terlihat berhasil keluar dari dalam truk untuk menyelamatkan diri.

Terlihat juga sejumlah pengguna jalan maupun warga berupaya mendorong truk yang mogok karena mati mesin di lintasan kereta api. Hingga akhirnya truk Damkar terhantam kereta api barang bernomor 25-26 tujuan Kalimas.

“Innalillahi Wainnailaihi Ro’jiun, Astagfirullah,, Wah Gila,” teriak warga yang merekam kejadian tersebut.

Beruntung kecelakaan ini tak sampai menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, truk Damkar maupun kereta api alami kerusakan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Indramayu Teguh Budiharjo mengungkapkan, peristiwa terjadi ketika 5 personel Damkar hendak menuju lokasi kebakaran di wilayah Mekarwaru, Kecamatan Gantar. Dia mengatakan saat itu mesin truk damkar mati.

“Karena kereta sudah dekat kendaraan tidak bisa maju, mesinnya mati, kemudian dari hulu datang kereta api barang dan kecelakaan terjadi,” ujar Teguh dalam video pernyataannya yang beredar.

Sementara VP Public Relations KAI Joni Martinus menerangkan, sesuai UU No: 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No: 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Jalan Raya, bahwa semua kendaraan harus berhenti dan mendahulukan kereta api yang akan melintas di perlintasan sebidang.