Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hasil Tes Usap: Nelson Pomalingo-Hendra Hemeto Dinyatakan Negatif COVID-19

Dulohupa.id – Bakal calon (balon) pasangan bupati dan wakil bupati, Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto pada Pilkada 2020 di Kabupaten Gorontalo, dinyatakan negatif COVID-19 setelah melakukan tes usap (swab test), oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo.

Tes usap sendiri merupakan salah satu tes yang diwajibkan diikuti oleh setiap balon yang akan mengikuti Pilkada 2020. Tes ini bahkan digratiskan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Shampir saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Ia menyatakan bahwa memang setelah menjalan rangkaian pemeriksaan tes usap menggunakan mesin Reverse Transcription (RT) Polymerase Chain Reaction (PCR), keduanya dinyatakan negatif COVID-19.

“Iya hasilnya sudah kami kirim langsung ke BPOM dan hasilnya keluar negatif (COVID-19), dan pasangan calon (Nelson-Hendra) itu sudah bebas COVID-19,” ungkapnya saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (1/9).

Beruntung kata Roni kedua balon tersebut hasilnya negatif. Karena jika positif, maka diharuskan mengikuti rangkaian karantina ketat.

“Kalau ada pasangan calon itu hasilnya postif COVID-19, maka pasangan calon tersebut harus di karantina selama 14 hari.,” pungkasnya.

Reporter : Fandiyanto Pou