Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hari ke-2 Operasi Patuh Otanaha, Banyak Masyarakat Tak Punya SIM dan Pakai Masker

Dulohupa.id – Operasi Patuh Otanaha yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gorontalo, berhasil menjaring banyak pelanggar lalu lintas di depan polres setempat, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Jumat (24/07).

Hari ke-2 operasi itu setidaknya berlangsung 2 jam, mulai pukul 09 hingga pukul 11 waktu setempat. Kebanyakan, para pelanggar adalah mereka yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Juga, ditemukan beberapa mobil niaga berjenis pick-up yang mengangkut beban melebihi kapasitas angkut.

Saat ditemui usai operasi, Kepala Bidang Operasi (KBO) Satlantas Polres Gorontalo, Ipda Yudi Armanto, membenarkan hal tersebut. Ia mengungkapkan, “Saat di lapangan tadi, yang terjaring adalah 9 pengendara yang tidak memiliki SIM dan 1 Mobil yang melebihi kapasitas,”

Lebih lanjut Yudi berkata, operasi yang akan berlangsung hingga 5 Agustus 2020 ini, akan menyasar setidaknya tiga hal, yakni penggunaan atribut keselamatan pengendara, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, dan penggunaan ponsel saat berkendara.

“Operasi ini dititikberatkan pada 3 item (pelanggaran), yakni pengunaan helm, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, dan penggunaan handphone saat mengemudi,”

Meski begitu, Yudi mengaku bahwa, secara kasat mata, pelanggaran terhadap hal-hal tersebut memang sudah berkurang. Hanya saja, kini banyak pelanggarannya adalah pada penggunaan masker, yang merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Kebanyakan kita temui di lapangan untuk saat ini sering lupa untuk menggunakan masker,” tutupnya.(Fandiyanto Pou)