Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kunjungi Pasar Limboto, Nelson : 95 persen Mematuhi Protokol Kesehatan

Dulohupa.id – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengunjungi pasar di Limboto untuk melihat langsung penerapan protokol kesehatan dalam Norma Perilaku (NP) Baru. Sabtu (25/07).

Sebab memang, sejak PSBB di Gorontalo tidak lagi di perpanjang, Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga telah membuka sejumlah tempat-tempat keramaian di daerah tersebut, namun dengan syarat mesti mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

“Hasil peninjauan tadi, untuk pasar Limboto, baik pedagang maupun pembeli, sudah 95 persen mematuhi protokol kesehatan. Ke depan, saya berharap seluruh masyarakat khususnya yang beraktivitas di lingkungan pasar, harus lebih mematuhi protokol kesehatan,” kata Nelson di tengah kunjungannya.

Ia melanjutkan, bahwa protokol kesehatan itu sangat penting untuk dilaksanakan, misalnya penggunaan masker agar potensi penularan dapat dicegah. Terlebih ketika beraktivitas di tempat-tempat ramai, seperti pasar dan pusat perbelanjaan lainnya.

Nelson meminta, kepada para petugas pasar untuk terus menyosialisasikan protokol kesehatan. Jika ada yang tidak patuh, maka lapak atau tempat dagangannya akan dipaksa tutup.

“Pengelola harus tegas dan jangan mau diatur-atur oleh pedagang. Karena mereka itu hanya diatur dan bukan mengatur. Karena itu juga, demi kebaikan mereka sendiri, dan pasar ini tidak akan ditutup,” tegasnya.

Lanjut Nelson,meski sudah 95 persen mematuhi protokol kesehatan, namun masih ada beberapa kekurangan yang belum dipenuhi oleh pengelola, salah satunya adalah minimnya tempat cuci tangan.

“Ini juga harus menjadi perhatian dari perugas pasar atau pengelola untuk menyiapkan tempat cuci tangan. Jika perlu koordinasikan dengan instansi terkait, bagaimana menyiapkannya. Kemudian penataan pedagang, saya melihat masih semrawut, maka harus dilakukan pengaturan kembali, sehingga terlihat rapi,” pungkasnya. (Dhedy Henga)