Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Gelar Rapat Pleno, KPU Pohuwato Ingatkan Bapaslon Terkait Kelengkapan Dokumen

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menggelar rapat pleno terbuka pada Minggu (13/9) kemarin.

Rapat itu membahas penyampaian hasil penelitian administrasi dan keabsahan dokumen persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato 2020.

Ketua KPU Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa rapat pleno penyampaian hasil penelitian dan keabsahan dokumen sudah sesuai dengan amanat Peraturan KPU.

“Hal ini berdasarkan jadwal tahapan yang tertuang pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020,” kata Rinto

Katanya, hasil dari penelitian dan keabsahan dokumen yang telah dilakukan oleh pihak KPU melalui Tim Pokja KPU, telah selesai dilakukan dan wajib melaksanakan penyampaian hasil kepada setiap bakal pasangan calon atau tim penghubung.

Ia pun menegaskan, bapaslon yang dinyatakan belum memenuhi persyaratan, agar segera melengkapi dokumen.

“Apabila hasil verifikasi administrasi dan faktual ditemukan adanya dokumen persyaratan yang belum memenuhi syarat, maka bakal pasangan calon ini berkesempatan memperbaiki dokumen persyaratan calon tersebut mulai tanggal 14 sampai dengan 16 September 2020 nanti,” terang Rinto.

Tetapi mesti diingat, perbaikan dokumen yang belum memenuhi syarat harus dikebut dalam jangka waktu tiga hari saja.

Sehingga ia berharap, setiap tim penghubung dari masing-masing bakal paslon, tak lupa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan KPU.

“Kami membuka layanan konsultasi perbaikan dokumen pencalonan melalui ruang helpdesk mulai besok pagi yang bertempat di Kantor KPU Pohuwato,” tambah Rinto.