Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Gelar Rakor, KPU Bahas Pemeriksaan Kesehatan Terhadap Bapaslon Pada Pilkada 2020

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar rapat koordinasi tentang persiapan pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. di Aula Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Sabtu (22/8).

Dalam rapat tersebut turut hadiri KPU Provinsi Gorontalo, KPU Bonebolango, KPU Pohuwato, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gorontalo, Badan Narkotika Kabupaten Gorontalo, dan Himpunan Pisikologi Indonesia (Himpsi).

“Kami gelar rapat koordinasi awal terkait pemeriksaan kesehatan untuk Bapaslon dan pendaftaran Bapaslon,” kata Rasyid Sayiu, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo ditemui usai kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Rasyid menjelaskan, bahwa pihaknya masih menunggu IDI mengeluarkan rekomendasi rumah sakit rujukan pemeriksaan kesehatan terhadap bapaslon.

“Kita sudah mendengar pertimbangan IDI tentang rumah sakit yang akan menjadi tenpat pemeriksaan bapaslon dan kita tinggal menunggu rekomendasinya. Untuk pemeriksaan kesehatan, dijadwalkan mulai tanggal 4 Septermber hingga 11 September 2020,” ungkap Rasyid

Sementara itu, di tempat yang sama, IDI Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntuyungo mengatakan, pelaksanaan pemeriksaan direncanakan di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Gorontalo dengan melibatkan semua komponen IDI Provinsi Gorontalo. Pihaknya memilih RSAS karena fasilitasnya yang lengkap, termasuk alat Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Untuk periksaan kesehatan bapaslon akan dites swab. Pemeriksaan ini akan menelan waktu selama dua jam. Jika dalam pemeriksaan tersebut bapaslon teridikasi positif COVID-19 maka akan dilakukan isolasi mandiri dan ikuti sesuai protokol kesehatan,” tutup Irawan.

Reporter : Fandiyanto Pou