Gabungan Tiga Polres di Gorontalo Bongkar Sindikat Pencurian Lintas Kabupaten

oleh -516 Dilihat
Sindikat Pencurian
Komplotan pencurian dihadirkan dalam konferensi pers, Jumat (11/11/2022). Foto/Dulohupa)

Dulohupa.id – Tim gabungan dari Satreskrim Polres Gorontalo Kota, Polres Bone Bolango dan Polres Boalemo mengungkap sindikat pencurian lintas Kabupaten.

Kasat Reskrim Polresta Gorontalo Kota, Iptu Muhammad Nauval Seno mengungkapkan dalam kasus ini delapan orang yang merupakan kompolotan pencurian berhasil diamankan petugas beserta barang bukti hasil curian.

Delapan orang pelaku masing-masing berinisial RM, SI, HL, RY, CY, RT, RL dan RK, yang keseluruhannya merupakan warga Kabupaten Bone Bolango.

Lebih lajut Iptu Muhammad Nauval Seno mengatakan, pengungkapan sindikat pencurian ini berawal dari tertangkapnya RM yang melakukan aksi pencurian sepeda motor di Kelurahan Botu, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo. RM terekam CCTV saat beraksi sehingga memudahkan petugas menemukan pelaku.

Dari tertangkapnya RM, ternyata ada kompolotan lain yang beraksi melakukan hal serupa.

“Dari keterangan RM dan satu orang saksi yang diamankan petugas sebelumnya, satu rekan RM berinisial SI, sudah melarikan diri ke wilayah Sulawesi Tengah,” tambahnya.

Dijelaskan Iptu Nauval, dari hasil pengembangan team resmob gabungan yang dibackup Resmob Polres Parimo, mengamankan SI di Kabupaten Parigi.

Dari keterangan Si, sebelumnya dia juga pernah melakukan pencurian di wilayah Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo, dan dibantu langsung oleh enam rekannya, masing-masing HL, RY, CY, RT, RL dan RK.

“Usai mengamankan SI, team Resmob gabungan langsung melakukan pengembangan dengan menjemput rekanan SI yang terlibat aksi pencurian, beserta barang bukti hasil kejahatan,” sambungnya.

Sementara itu, Khusus barang bukti yang berhasil disita petugas masing-masing 4 unit sepeda motor, dua lemari Es, 1 Ricecooker, 1 kompor gas, 1 compressor angin, 2 Mesin diesel, 1 buah hardisk Cctv, serta 1 papan keyboard komputer.

“Untuk saat ini, para pelaku dan barang bukti sudah berhasil kami amankan. Tapi kami masih akan melakukan pengembangan lanjut, apakah masih ada pelaku lain maupun barang bukti lain yang belum berhasil terungkap atau tidak,” tegas Iptu Nauval.

Tim Dulohupa