Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKOTA GORONTALOPERISTIWA

Dua Kecamatan di Kota Gorontalo Terendam Banjir

71
×

Dua Kecamatan di Kota Gorontalo Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Banjir Kota Gorontalo
Warga Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo Tengah membersihkan sampah di tengah banjir yang merendam permukiman. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Dua kecamatan di Kota Gorontalo terendam banjir pada Kamis (20/06/2024). Wilayah tersebut adalah Kecamatan Kota Timur dan Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, dua kecamatan terdampak banjir berada di 5 kelurahan masing-masing kelurahan Bugis, Tenda, Botu, Talumolo dan Padebuolo.

Lokasi terparah terdampak banjir berada di Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya dengan ketinggian air sampai pinggul orang dewasa.

Menurut pengakuan warga, Yunus Hasan mengatakan bahwa air di perkiraan beranjak naik pada pukul 01.00 wita dini hari. Lokasi ini memang sudah menjadi langganan banjir ketika diguyur hujan deras.

Selain intesitas hujan tinggi sejak Rabu malam, banjir juga diakibatkan sungai bone meluap pada Kamis dini hari.

“Kira-kira jam 1 (dini hari) air so mulai naik, jam 2 (dini hari) air itu sudah masuk di dalam rumah,” ujar Yunus kepada Dulohupa.

Kata Yunus, dirinya bersama keluarga dan masyarakat dari semalaman terjaga akibat waspada meluapnya air sungai yang lebih besar.

“Kami dari semalam itu angkat barang (perabot rumah), jangan sampai mo terendam air,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Ferdi Adam menjelaskan bahwa banjir yang terjadi di Kelurahan Bugis diakibatkan jebolnya tanggul sungai Bone disejumlah titik.

“Iya tanggulnya jebol, ada tiga titik yang jebol,” ucap Ferdi kepada Dulohupa.

Hingga Kamis siang, ketinggian air masih mencapai lutut orang dewasa. Sebagian warga terdampak banjir masih bertahan di rumah untuk menjaga harta benda milik mereka.

Reporter: Yayan