Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Ditengah Pandemi Covid-19, Dinas P3A Kabgor Ciptakan Rumah Layak Anak

Dulohupa.id – Sebagai upaya untuk mencegah tingkat kekerasan terhadap anak, ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang terus mewabah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) menciptakan Rumah Layak Anak di 2 Desa Binaan.

Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Dinas P3A Kabgor Dewi Nani, dimana menurutnya kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pusat Perlindungan Keluarga (Puspaga) serta Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan forum anak Kabupaten Gorontalo.

Lebih lanjut dikatakan oleh Dewi Nani, saat ini tindak kekerasan terhadap anak meningkat ditengah pandemi Covid-19, karena para orang tua belum siap menjadi guru bagi anak-anaknya, disaat sekolah diliburkan serta mendapatkan tugas belajar dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pihak sekolah, maupun guru dari masing-masing mata pelajaran.

“Kalau kita lihat saat ini tindak kekerasan terhadap anak meningkat, karena ke tidak siapan dari para orang tua untuk menjadi pengganti guru. Makanya kita merencanakan untuk menciptakan rumah layak anak,” terangnya.

Selain itu juga dikatakan oleh mantan Kabag Hukum Setda Kabgor, dalam kegiatan ini P3A melatih para kader di 2 desa binaan, dengan tujuan agar bisa menekan angka perceraian. pelatihan psikoedukasi berjarak oleh psikolog Dinas P3A.

“Ditengah pandemi Covid-19 angka perceraian juga naik, akibat kurangnya pemahaman managemen keluarga ketika status Stay At Home yang kurang optimal,” terangnya. (DED)