Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tenaga Medis di Kabupaten Gorontalo Jalani Rapid Test

Dulohupa.id – Sejumlah tenaga medis yang bertugas di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), pada Senin (20-04-2020 menjalani Rapid Test yang digelar diruangan Laboratorium Rumah Sakit Dr MM Dunda Limboto, yang dipantau secara langsung oleh Bupati Nelson Pomalingo.

Disela-sela pemeriksaan Nelson Pomalingo mengutarakan, pemeriksaan terhadap tenaga medis ini dilakukan bertujuan untuk mencegah covid-19 di Gorontalo. Pasalnya dikatakan olehnya para petugas medis adalah garda terdepan sehingga harus dilakukan pemeriksaan rapid test. Nelson menegaskan, andai saja terdapat tenaga medis yang positif Covid-19, kemudian tidak dilakukan pemeriksaan rapid test sejak awal, maka besar kemungkinan penyebaran virus tersebut akan terus berjalan.

“Kebijakan pemerinta ini bertujuan, supaya kita tidak hanya mencegah penularan Covid-19 dari orang yang datang dari luar daerah atau orang yang memiliki gejala, tetapi juga orang di dalam, khususnya tenaga medis,” tegasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Direktur RS MM. Dunda Limboto Irawan Huntuyungo mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para dokter maupun perawat lebih dini, dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Menurut saya, pencegahan tidak hanya selalu dari masyarakat saja, namun juga harus dilakukan ke tenaga medis,” ujarnya.

Irawan menambahkan, hari ini kita targetkan 40 orang dokter dan perawat yang diperiksa, kemudian akan dilanjutkan di hari berikutnya.

“Sehingga benar-benar seluruh tenaga medis yang di lakukan test. Jika ada dokter dan perawat yang positif terinfeksi Covid-19, baik tanpa gejala maupun dengan gejala ringan, maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni swab test, serta isolasi mandiri,” pungkasnya. (ADE)