Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Distan Dorong Perilaku Konsumsi Makanan Sehat dengan Program Hortikultura

Dulohupa.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Gorontalo mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dengan mengembangkan program pertanian hortikultura yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri.

Sebab, dengan mengembangkan pertanian hortikultura, artinya masyarakat dapat menanam sendiri tanaman-tanaman sehat, yang sebetulnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.

“Memang tanaman hortikultura sekarang ini menjadi primadona di musim pandemi, karena (beberapa jenis) tanaman tersebut bisa meningkatkan imun tubuh, agar terhindar dari virus corona,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Rahmat Pomalingo saat ditemui ruang kerjanya, Rabu (21/10).

Tanaman hortikultura sendiri sebetulnya terbagi lima jenis, yakni frutikultur yaitu tanaman buah, elerikultura yaitu tanaman sayuran, florikultura yaitu tanaman bunga, biofarmaka yaitu tanaman obat, dan lansekap yaitu tanaman taman.

Kadistan Kabupaten Gorontalo. FOTO/Fandiyanto Pou

Kata Rahmat, tanaman hortikultura yang nanti akan didorong untuk dikembangkan adalah jenis tanaman sayur maupun obat, seperti bawang putih yang merupakan makanan super, dan digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain itu juga tanaman labu yang nanti akan diambil bijinya. Kata Rahmat, biji labu dipenuhi dengan zat besi dan vitamin E.

“Biji labu baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, Brotowali, Chia seed, Biji bunga matahari, Jahe, Kayu manis dan Kunyit. Jadi 5 jenis tanaman hortikultura berbeda -beda manfaatnya. Yang sering diolah untuk meningkatkan imun tubuh itu tanama sayuran, buah, dan herbal,” kata Rahmat.

Sejauh ini ungkap Herman, pihaknya juga telah mencanangkan tanaman hortikultura di Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan limboto. Kata dia, Dinas Pertanian akan mendukung kelompok-kelompok tani dalam mengembangkan lahan tanaman hortikultura. Lebih jauh rencananya, program ini akan diperluas di seluruh kecamatan se Kabupaten Gorontalo.

“Mudah-mudahan program ini berjalan dengan baik, dan kami juga butuh bantuan masyarakat agar membantu kami dalam mengembangkan program ini, karena ini kebutuhan kita semua,” tandasnya.

Reporter: Fandiyanto Pou